Pertama Kalinya Pengangkatan UNP Pengangkatan Adjunct Profesor UNP serta Pemberian Gelar Profesor Kehormatan

0
311

PadangTIME.com – UNP sebagai  Universitas yang berstatus PTNBH , Universitas Negeri Padang (UNP) terus berupaya meraih prediket World Class University, melalui Kemendikbud Ristek untuk masuk ke pemeringkatan Internasional ranking QS 1000.

UNP telah memberikan 5 Gelar Doktor Kehormatan pada Bapak Muhammad Syafei tahun 1968 (tokoh dan pemikir pendidikan dari Sumatera Barat) Bapak Gamawan Fauzi (2011), Ibu Megawati Sukarnoputri (2017), Dato’ Seri Anwar Ibrahim (2018) dan Bapak Muhammad Jusuf Kalla (2019). Untuk Profesor Kehormatan, pertama kalinya telah diberikan pada Pof. Dr. Fahmi Idris, tahun 2022 yang lalu.

Sabtu (25/2) di hadiri oleh Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldi, UNP untuk kedua kalinya memberikan gelar Profesor Kehormatan dalam bidang Ilmu Manajemen pada bapak Dr. Ir. Dwi Soetjipto, M.M, yang sebenarnya telah digagas sejak tahun 2022 yang lalu.

 

Di samping itu, untuk yang pertama kalinya, pada hari ini juga UNP mengangkat Adjunct Professor untuk Prof. Dr. Nor Aishah Buang dalam bidang Pendidikan Kewirausahaan dan Perniagaan.

Secara Akademik, Dr. Ir Dwi Soetjipto, M.M telah memiliki kelayakan dilihat dari karya buku sebanyak 6 buah dalam bidang Manajemen, dan telah menyelesaikan pendidikan doktor, yakni Doktor Manajemen Stratejik di Universitas Indonesia. Berkiprah dalam bidang akademik sebagai Rektor Sekolah Tinggi Manajemen Semen Indonesia/ Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI, Dosen tamu di University Technology Petronas, Advisor di Universitas Pertamina, Dosen Khusus di UNAIR, Dosen tamu di ITS, Dosen Tidak Tetap di Unand, LPP Holding Perkebunan, CLDI, dll, selain itu terlibat sebagai Wakil Ketua Majelis Wali Amanat ITS, Majelis Wali Amanat UNAIR dan Ketua Pertimbangan UNP .Dalam Karier, Ia juga pernah menjadi Dirut PT Pertamina, Komisaris Bursa Efek Indonesia , Dirut PT Semen Padang, dan Dirut PT Gresik.

 

Ucapan selamat pun disampaikan oleh kolega dan kerabat antara lain dari Menteri ESDM , Arifin Tarif dan Prof. Mohammad Nuh Mantan Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia.
Prof. Dr. Nor Aishiah Buang yang diangkat sebagai Adjunct Profesor telah berkiprah dalam bidang Pendidikan Keusahawanan dan Perniagaan di UKM selama lebih dari 33 tahun. Selama bertugas, Ia telah melaksanakan banyak penelitian berkaitan Pendidikan kewirausahaan dengan biaya dari pemerintah Malaysia. Fokus penelitianya banyak bertumpu kepada pembangunan kewirausahaan mahasiswa di Malaysia, hal itu dimantapkan lagi dengan banyak menyelia pelajar S3.

 

Prof. Dr. Nor Aishah Buang, juga telah menyelia beberapa orang pelajar S3 dari Institut Pengajian Tinggi Padang, Universitas Riau, Universitas Malang dan lain-lain. Di samping itu, Ia telah menyelia lebih dari 30 orang pelajar Ph.D, termasuk dari berbagai negara seperti Iran, Indonesia, China dan Pakistan dan juga telah membimbing lebih 150 orang pelajar S2.

Ketua SAU, Prof. Sufyarma Marsidin mengucapkan selamat kepada kedua Profesor yang diangkat hari ini.

“Atas nama civitas akademika Universitas Negeri Padang, diucapkan selamat pada Prof. (Hc) Dr. Ir. Dwi Soetjipto, M.M dan Prof. Dr. Nor Aishiah Buang atas pengukuhan dan kesedian menjadi bagian dari keluarga Besar UNP, semoga sehat selalu, tetap semangat dan mampu mempertanggung jawabkan gelar yang telah diberikan, dengan dedikasi dan kontribusi beliau melalui karya, dan sumbangan pemikirannya untuk UNP dan pendidikan atau peradaban bangsa,” harapnya. (Ts).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini