Peringatan Hari Bela Negara ke-75 di Sumbar, Gubernur Lepas Ribuan Peserta Sepeda Sehat

0
1194

PadangTIME.com | Dalam rangka menyemarakkan Hari Bela Negara (HBN)
ke-75 Tahun 2023. Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah membuka secara resmi iven Sepeda Sehat di Halaman Kantor Gubernur Sumbar, Minggu (17/12/2023).

Dalam kesempatan itu kesempatan itu, Gubernur Mahyeldi mengajak ribuan peserta Sepeda Sehat mengingat kembali pentingnya peristiwa Hari Bela Negara.

“Hari Bela Negara bukan hanya tanggung jawab sebagian komponen bangsa dan pemerintah, tetapi ini juga semangat bagi kita semua untuk mempersiapkan generasi muda yang matang pada tahun 2045 nanti. Sehingga, Sumbar tetap berada di posisi terbaik dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” kata Gubernur.

Gubernur mengingatkan, cukup banyak hari peringatan bersejarah yang ditetapkan pemerintah untuk mengingat setiap peristiwa penting dalam proses perebutan kemerdekaan. Salah satunya adalah peristiwa 19 Desember yang ditetapkan sebagai Hari Bela Negara.

“Pada 74 tahun lalu, tepatnya pada 19 Desember 1948, Indonesia menghadapi situasi genting dengan adanya agresi Belanda kedua yang memaksa perpindahan ibu kota negara dari Yogyakarta ke Bukittinggi serta dengan membentuk Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI).

“Peristiwa ini adalah hari besar di negara ini yang berada di luar Jawa yang di dasarkan peristiwa PDRI. Oleh karena itu dengan adanya PDRI ini sebagai penyambung nyawa NKRI. Itulah di Sumatera Barat yang kita rayakan pada hari ini. Kalau tidak ada PDRI maka tidak ada Indonesia,” ujarnya.

Ia berharap dengan kegiatan menyambut hari bela negara hari ini semua komponen dapat mengetahui betul tentang hari bela negara. “Mudah-mudahan kegiatan ini menjadi semangat bagi kita dalam rangka untuk menunjukan Sumatera Barat memilki peran yang strategis dalam memberikan kontribusi
untuk NKRI,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar Maifrizon, bahwa mengatakan bersepeda sehat kali ini dalam rangka memperingati Hari Bela Negara ke-75 tahun 2023.

“Acara ini di selenggarakan agak berbeda dari tahun sebelumnya, hari ini kita sediakan hadiah dengan nominal 30 juta untuk 30 orang pemenang doorprize. Kita berharap ke depan acara ini akan terus kita tumbuh kembangkan untuk bisa hidup lebih sehat,” tuturnya. (adpsb/cen)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini