ads

PadangTIME.com | Pendidikan merupakan investasi masa depan. Oleh sebab itu, pemerintah daerah membuka ruang seluas-luasnya bagi masyarakat untuk mengenyam pendidikan, mulai Taman Kanak-Kanak (TK) hingga perguruan tinggi.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah, Drs H Edi Busti, M.Si saat meresmikan TK Darul Ilmi di Jorong Pauh, Nagari Paninjauan, Kecamatan Tanjung Raya, Senin (7/11).

Menurut sekda, pendidikan merupakan salah satu instrumen untuk mengentaskan kemiskinan. Pendidikan yang layak akan mengantarkan seseorang lepas dari belenggu kemiskinan.

“Sehingga tidak ada salahnya kita meyakini bahwa pendidikan itu adalah investasi masa depan,” ujarnya.

Mengingat akan pentingnya peran pendidikan jelasnya, Bupati Agam, Dr H Andri Warman, MM fokus menjadikan sektor ini sebagai program prioritas.

Bahkan bupati mempunyai kebijakan untuk memberikan tunjangan hidup bagi pelajar kurang mampu namun berprestasi untuk bisa mengenyam bangku pendidikan tinggi.

Sekda mengungkapkan sebanyak 100 pelajar mendapatkan beasiswa tunjungan hidup pada 2021. Jumlah tersebut meningkat sebanyak 125 pelajar di tahun 2022.

“Pemerintah daerah berkomitmen terus meningkatkan jumlah penerima beasiswa ini di setiap tahunnya,” ucap sekda.

Dalam empat tahun kedepan imbuh sekda, setidaknya terdapat 500 pelajar yang berhasil meraih gelar sarjana di sejumlah perguruan tinggi ternama di Indonesia.

“Kami meyakini 80 persen dari mereka akan mendapat pekerjaan yang layak nantinya. Muaranya terjadi perbaikan ekonomi keluarga. Inilah yang kami maksud investasi,” terangnya.

Sekda menambahkan, tidak hanya pelajar yang mendapat beasiswa tunjangan belajar, akan tetapi kepala daerah juga mengeluarkan kebijakan menyekolahkan tenaga pengajar untuk mendapatkan gelar pendidikan setingkat di atas yang sekarang.

“Pemerintah daerah terus mengupayakan bagaimana di basis pendidikan di Agam menjadi lebih kuat,” ujarnya. (pt/rh)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini