Pemko Pariaman Sediakan Dana Rp 400 Juta untuk Pembuatan Dua Tabuik

0
66

Padang TIME.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat mengalokasikan anggaran Rp400 juta untuk pembuatan dua Tabuik pada pelaksanaan kegiatan budaya dan wisata Pesona Hoyak Tabuik yang dilaksanakan mulai dari 7 sampai 21 Juli 2024.

“Dana pembuatan Tabuik tersebut naik dari tahun sebelumnya yang masing-masingnya hanya Rp175 juta. Kalau sekarang masing-masing Rp200 juta jadi keduanya Rp400 juta,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman Ferialdi di Pariaman, Senin (27/5).

Ia mengatakan dana tersebut diserahkan kepada masing-masing kelompok Tabuik baik Tabuik Pasa maupun Tabuik Subarang sebagai pihak yang membuat dan melaksanakan proses kegiatan tahunan tersebut.

Tabuik yang dibuat tersebut bahan utamanya terbuat dari kayu dengan bentuk bangunan setinggi belasan meter dan terdapat berbentuk Buraq yang dapat ditafsirkan sebagai keranda jenazah cucu Nabi Muhammad SAW yaitu Hussein.

Proses pembuatan Tabuik mulai dilakukan pada 1 Muharram yang ditandai dengan pengambilan tanah yang kemudian pada 10 Muharram bangunan tersebut dibuang ke laut. (02)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini