Pemkab Pessel Optimalkan Pengembangan Sapi Ternak

0
597
Padang TIME | Pemkab Pesisir Selatan tahun 2023 akan terus mengoptimalkan program integrasi sapi bali pada lahan perkebunan kelapa sawit.
Upaya itu bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat terutama yang bergerak di sektor peternakan.
Kepala Dinas Pertanian Pessel, Madrianto, mengatakan Rabu (22/2) bahwa langkah itu bisa dilakukan karena Pessel memiliki potensi lahan yang cukup luas. Pengembangannya bisa pada tiga kecamatan dari 15 kecamatan yang ada.
“Berdasarkan hal itu, maka pembinaan program integrasi peternakan sapi bali dengan perkebunan kelapa sawit bagi peternak ini, akan kita lakukan lebih optimal lagi di daerah ini,” katanya.
Dijelaskannya bahwa di daerah itu ada tiga kecamatan yang sangat potensial untuk pengembangan sektor peternakan, khususnya sapi bali.
“Dikatakan demikian, sebab tiga kecamatan yang memiliki lahan perkebunan kelapa sawit yang cukup luas itu, bisa dikembangkan sebagai lahan gembala dengan ketersediaan pakan ternak yang memadai. Diantaranya, Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan, Lunang, dan Kecamatan Lunang,” ungkapnya.
Dia berharap program integrasi usaha peternakan sapi sebagaimana digulirkan sejak tujuh tahun terakhir itu, benar-benar akan memberikan dampak positif terhadap perekonomian masyarakat.
Dia menambahkan bahwa selain di tiga kecamatan itu, pihaknya juga tetap melakukan pengembangan ternak sapi di beberapa kecamatan lainnya.
Diantaranya Kecamatan Air Pura, Pancung Soal, Linggo Sari Baganti, Ranah Pesisir, Lengayang dan Kecamatan Sutera.
“Cuma saja di beberapa kecamatan itu, usaha peternakan sapi yang di kembangkan masyarakat, dikemas dalam bentuk sentra sapi pesisir untuk pelestarian plasma nutfah (sapi lokal red),” jelasnya.
Sedangkan di wilayah bagian utara yang meliputi Kecamatan Koto XI Tarusan, Bayang, Bayang Utara dan IV Jurai, digulirkan pula program pengembangan ternak sapi unggul dan beragam.
“Beberapa jenis ternak sapi unggul yang dikembangkan itu diantaranya, sapi bali, sapi brahman, sapi simental, dan lainnya,” tutup Madrianto. (pt)
bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini