Sebanyak 12 orang akademisi atau dosen Universitas Negeri Padang (UNP), yang berasal dari 6 Fakultas akan ikut seleksi pemilihan Rektor UNP Periode 2024-2029. kepastian keikutsertaan mereka dalam pemilihan calon Rektor didasarkan batas akhir pendaftaran calon rektor dari tanggak 23 Januari- 4 Maret 2024 ke sekretariat Panitia Pemilihan Rektor di Ruang Majelis Wali Amanat (MWA) Lantai II Rektorat UNP Kampus Air Tawar Padang.
Berdasarkan informasi dari Panitia Pemilihan Rektor, yang diketuai oleh Prof. Dr. Alnedral, M.Pd, didapat 12 nama yang mendaftar sampai tanggal 4 Maret 2024, Pukul 16. 00 WIB, batas akhir pendaftaran, yakni:
Prof. Dr. Ardipal, M.Pd, Guru Besar Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) dan Dosen Prodi Pendidikan Sendratasik, meraih gekar Doktor Ilmu Pendidikan di Sekolah Pascasarjana UNP, pernah menjabat sebagai Wakil Rektor III dan IV pada masa kepemimpinan Rektor sebelumnya Prof. Phil Yanuar Kiram dan Periode pertama kepemimpinan Rektor Prof. Ganefri,Ph.D.
Prof. Dr. Indang Dewata, M.Si. Kelahiran Agam, saat ini merupakan Wakil Direktur I Sekolah Pascasarjana UNP, sebelumnya beliau menjadi Ketua Prodi Magister dan Doktor Ilmu Lingkungan SPs UNP, sebagai pakar Lingkungan Sumbar, pernah berkiprah menjadi birokrat sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Pendidikan Kota Padang. Tamatan Doktor Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia ini merupakan Guru Besar Ilmu Lingkungan di Prodi Kimia, Fakultas Matenatika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)
Dr. Yulkifli, S.Pd., M.Si, saat ini menjadi Dekan FMIPA UNP untuk dua periode, sebelumnya menapaki karir sebagai Staf Ahli Wakil Rektor 1 dan Wakil Dekan 1 FMIPA. Putra kelahiran Kabupaten Solok ini menyelesaikan pendidikan Doktornya dalam bidang Ilmu Fisika di Institut Teknologi Bandung (ITB). selain itu juga aktif dalam kegiatan keagaaman, yayasan sosial dan enterpreunership. Dekan ini juga berhomebase sebagai dosen di Prodi Pendidikan Fisika FMIPA UNP.
Prof. Yohandri. M.Si., Ph.D putra Maninjau, yang sekarang beliau menjabat Wakil Rektor III bidang Sumber Daya, Riset dan Inovasi. Guru Besar Ilmu Fisika di Prodi Fisika FMIPA UNP ini, meraih gelar Doktor Fisika di Chiba University Jepang. Sebelumnya pernah menjabat sebagai Sekretaris Jurusan Fisika, Wakil Dekan FMIPA UNP dan dipercaya menjadi Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNP. Banyak kiprahnya dalam  hibah riset kerja sama internasional dengan sejumlah lembaga mitra.
 Dr. Yulhendri, S. Pd., M. Si, berkarir di UNP saat ini Ketua Prodi Magister Pendidikan Ekonomi, sebelumnya aktivis ormas lslam Nadlatul Ulama (NU) Sumbar ini menjabat sebagai Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNP. Kiprahnya banyak dalam Koperasi di Sumbar ini, Alumnus program Doktor Pendidikan Ekonomi di Universitas Malang ini, merupakan putra Pasaman, yang juga mengemari dunia pertanian kopi di kampung halamannya. Sehari-hari tercatat sebagai Dosen Prodi Pendidikan Ekonomi  FEB UNP.
Dr. Ir. Krismadinata, M.Si, kini beliau masih menjabat sebagai Dekan Fakultas Teknik (FT) UNP, merupakan Dosen di Departemen Teknik Elektro FT. Pendidikan S3 bidang Teknik Elektro pada tahun 2012 diselesaikan di University of Malaya (UM), Malaysia., Pria kelahiran Padang tahun 1977 ini juga pernah berkiprah sebagai Kepala Pusat Penelitian LPPM UNP.Beliau memiliki kepakaran dalam bidang Electric Energy Conversion (Konversi energi listrik)
Prof. Dr. Abdul Razak, M.Si menyelesaikan Pendidikan Doktor Biologi di Institut Pertanian Bogor (IPB). Sebelumnya dipercayai sebagai Ketua Prodi Magister Ilmu Lingkungan SPs UNP. Terakhir dipercayai sebagai Ketua Prodi Magister Biologi FMIPA UNP. Saat ini banyak berkiprah dalam aktivitas Dahwah di kampus UNP. Adapun Guru Besar bidang Biologi diperolehnya dan juga dikukuhkan tahun 2022. Pria yang lahir dan besar di Kota Medan ini merupakan Dosen Departemen Biologi FMIPA UNP.
Prof. Aldri Frinaldi, SH, M.Hum, Ph.D. Selama berkarir di UNP pernah menjadi Staf Ahli Rektor, Ketua prodi S1 Ilmu Administrasi Negara FIS, dan saat ini dipercayai menjadi Ketua Prodi S2 Magister Administrasi Publik FIS UNP. Di luar Kampus pernah  berkiprah sebagai Ketua Bawaslu Sumbar dan Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (Sumbar). Doktor  Bidang Administrasi Publik diraih di University Utara Malaysia (UUM). Tahun 2023 Putra Lima Puluh Kota ini memperoleh Guru Besar dalam Kajian Nilai-nilai Budaya Kerja.
Dr. Yaswinda,S.Pd. M.Pd, satu-satunya perempuan yang maju sebagai calon Rektor di periode ini, merupakan dosen dan pernah menjabat sebagai Kepala Departemen S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) dan saat ini menjadi koordinator Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) UNP. Pendidikan S1, S2 dan S3 nya diperoleh di Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Saat tercatat sebagai Dosen di S1 Penddidikan PGPAUD FIP UNP.
Dr. Mulya Gusman, M.Si. Merupakan Dosen di Prodi S1 Teknik Pertambangan (FT) UNP. Saat ini sebagai Koordinator Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dan Kepala Pusat Sertifikasi Kompetensi dan Profesi LP3M UNP. Pendidikan S2 diperoleh di ITB Bandung, selanjutnya Program Doktor diperoleh di Prodi Doktor Ilmu Lingkungan SPs UNP. Selain aktif dalam bidang riset tambang, yang bersangkuran aktif mengelola Pusat Riset Geosains UNP. 
Dr. Hasrul,  Piliang, M.Si, adalah dosen Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FIS UNP. Saat ini beliau menjabat sebagai Wakil Dekan 1 FIS UNP, setelah sebelimnya dipercayai menjadi Kepala Departemen Sosial Politik. Beliau pernah menjadi Sespri Gubernur Sumbar zaman Gamawan Fauzi. Di Kota Padang menjadi Kepala Dinas Koperasi dan juga Kepala Dinas Komunkasi dan Informasi di zaman Wako Fauzi Bahar. Pendidikan S3 diikuti di Prodi Ilmu Pendidikan SPs UNP. Menariknya Hasrul Piliang pernah maju  dalam Pilkada menjadu Cabup Kabupten Sijunjung.
 Dr. Refnaldi, S.Pd., M.Litt. Saat ini merupakan Wakli Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNP. Dosen Prodi S1 Pendidikan Bahasa Inggris ini, juga pernah menjadi Wakil Dekan 1 FBS UNP, selain itu,  juga pernah menjadi Sekretaris Jurusan Bahasa Inggris. Pendidikan Doktor diperolehnya di PPs Universitas Negeri Jakarta. Pria yang berasal dari Kabupaten Solok ini, sebelumnya juga telah mengikut Pendidikan S2 di  University of Sidney Australia.
(Er/ Humas UNP)
bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini