Minangkabau Halal Festival dihadiri Wapres RI, Gubernur Bertekad Jadikan Sumbar  Provinsi Halal Terdepan

0
993
Padang TIME – Wakil Presiden (Wapres) RI, KH Ma’ruf Amin, dijadwalkan akan membuka secara resmi iven Minangkabau Halal Festival pada 8-10 September 2023 mendatang di Padang. Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah menyebutkan, pelaksanaan iven ini akan semakin mempertegas tekad Sumbar untuk menjadi Provinsi Halal Terdepan di Indonesia.
“Dalam beberapa kesempatan kepada kami, Bapak Wakil Presiden menginginkan agar Sumbar menjadi yang terdepan dalam hal industri halal. Sebab, Sumbar memiliki potensi yang komplit untuk itu. Maka oleh sebab itu, iven ini sangat penting bagi kita,” ucap Gubernur Mahyeldi saat konferensi pers di Ruang Rapat Istana Gubernur, Senin (04/09/2023).
Gubernur menyebutkan, rencana iven Minangkabau Halal Festival mendapat sambutan yang antusias dari banyak pihak. Oleh karena itu, Gubernur mengimbau masyarakat untuk datang dan memeriahkan festival tersebut. Sebab, festival halal pertama di Sumbar itu akan dikemas dengan perpaduan konsep tenan, pelayanan sertifikasi halal, pendidikan, hingga hiburan.
“Festival ini akan menjadi ajang bagi pelaku usaha kita untuk menampilkan produk-produk unggulan mereka, yang terjamin kehalalannya. Selain itu, pelaku usaha juga bisa mengakses layanan seputar sertifikasi halal, dan masyarakat umum juga bisa menikmati berbagai edukasi dan hiburan yang ada. Maka oleh sebab itu, kami imbau masyarakat untuk meramaikan. Gratis,” ucap Gubernur lagi.
Sementara itu, Fitriati Rahma selaku pelaksana kegiatan dari Syakaa Organizer menjelaskan, Festival Halal di Sumbar tahun ini dikemas dengan sentuhan baru, yang belum pernah disajikan dalam pagelaran iven-iven serupa sebelumnya di daerah lain. Sumbar sendiri menjadi daerah luar Pulau Jawa pertama yang menjadi tuan rumah pelaksanaan Halal Festival tingkat nasional.
“Nanti akan ada tenan-tenan yang menampilkan produk masing-masing. Total ada 134 tenan yang telah terdafar, sehingga kuota tenan pada saat ini sudah full. Selain itu, iven Halal di Sumbar ini dikemas dengan konsep edukasi dan hiburan bagi masyarakat. Dalam iven ini, masyarakat juga bisa berkonsulitasi seputar produk halal, hingga mendapat pelayanan sertifikasi itu sendiri,” ucap Fitriati.
Selain itu, dalam iven yang mengusung spirit The Biggest Halal Lifestyle Event ini, juga akan digelar Olimpiade Halal yang akan diikuti oleh pelajar tingkat SMA/SMK di Sumbar. Pada prinsipnya, Minangkabau Halal Festival dikemas untuk dapat dikunjungi oleh semua kalangan. “Nanti juga ada Tablig Akbar bersama Syek Muhammad Djaber, hiburan bersama musisi Opick, hingga kegiatan parenting dan edukasi lainnya,” ucap Fitriati lagi.
Sementara itu, Dekan Fakultas Pariwisata dan Perhotelan UNP, Prof. Asmar Yulastri, MPd, PhD, menyatakan, bahwa UNP sangat concern dalam setiap perencanaan, pendampingan, hingga mendukung penuh pelaksanaan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produk halal di Sumbar.
“Kita orang Sumbar dan terkhusus lagi orang Minang, sudah meyakini bahwa apa yang kita konsumsi sehari-hari itu semuanya halal. Nah, sekarang mari kita berpikir agar bagaimana produk-produk kita di Sumbar ini dapat menjelajah hingga ke tingkat nasional, bahkan internasional. Oleh karena itu, UNP terlibat aktif dalam kegiatan Minangkabau Halal Festival. Tentu saja, ini juga merupakan perwujudan dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” ucap Prof Asmar.
Ada pun Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sumbar, Endrizal menambahkan, saat ini Sumbar memiliki setidaknya 593.100 Usaha Mikro dan Kecil (UMK), di mana melalui iven ini ratusan ribu pelaku usaha tersebut dapat mangakses berbagai informasi, termasuk di antaranya terkait sertifikasi halal. “Nanti kita berikan pelayanan secara gratis terkait proses dan konsultasi sertifikasi halal ini,” ucapnya. (adpsb/isq)
bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini