Melebihi Target Nasional, Kota Pariaman Terima Penghargaan UHC

0
427

PadangTIME.COM – Pemerintah Kota Pariaman berkomitmen penuh menjalankan program nasional terutama di bidang kesehatan. Kali ini Kota Tabuik dinilai berhasil dukung Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) melalui program Universal Health Coverage (UHC). Wakil Wali Kota Pariaman, Mardison Mahyuddin menerima langsung piala penghargaan UHC oleh Wakil Presiden Indonesia yang diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian di Gedung Balai Sudirman Jakarta, Selasa (14/03/2023).

Dalam sambutannya Wakil Presiden Republik Indonesia, K. H. Ma’ruf Amin menyampaikan pemerintah menargetkan 98% masyarakat Indonesia terlindungi dengan jaminan kesehatan hingga Tahun 2024 nanti.

Oleh sebab itu pemerintah pusat sangat mengapresiasi kepada kepala daerah yang telah berkomitmen dan mendukung program JKN.
”Sebagai program prioritas nasional pemerintah daaerah harus mengintegrasikan Jaminan Kesehatan Daerah ke dalam JKN serta meningkatkan kualitas pelayanan dan perlindungan kesehatan bagi masyarakat”, ujarnya.

Wapres juga menungkapkan bahwa kepesertaan JKN sudah tercatat lebih dari 248 juta jiwa di Indonesia atau 90,3 persen penduduk Indonesia. Ia juga mengatakan Indonesia menjadi salah satu Negara dengan cakupan kepesertaan jaminan kesehatan yang besar, sehingga hampir seluruh penduduk mendapat perlindungan kesehatan memadai.

Sementara itu Mardison Mahyuddin didampingi Kadis Kesehatan Kota Pariaman, Nazifah dan Kepala BPJS Kota Pariaman, Riko Hariono Saputra mengatakan bahwa Kota Pariaman terhitung Februari 2023 kepesertaan jaminan kesehatan masyarakat Kota Pariaman mencapai minimal 99,6% dari sekitar 98 ribu jiwa total penduduk Kota Pariaman sudah didaftarkan menjadi peserta JKN.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja dengan keras mengupayakan UHC di Kota Pariaman. Prestasi ini tidak lepas kolaborasi yang baik dengan BPJS Kesehatan Kota Pariaman dan semua pihak yang telah mendukung penyelenggaraan Program JKN di Kota Pariaman”, ungkapnya.

“Motivasi utama Pemerintah Kota Pariaman adalah ingin meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kesehatan. Melalui Program JKN warga Kota Pariaman mendapatkan pelayanan Kesehatan yang layak dan memadai saat mengakses pelayanan Kesehatan”, pungkasnya. (PT)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini