AYO MEMBACA !!

BERITA TERBARU

Mahasiswa UNAND Dinobatkan Terbaik 1 Duta Bahasa Sumbar 2024

PADANGTIME.COM | Mahasiswa Universitas Andalas dinobatkan sebagai terbaik 1 Duta Bahasa Sumatera Barat 2024 yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Sumbar pada Minggu (26/5) di Hotel Truntum.

Mereka ialah Raihan Muhammad Tri Akbar, seorang mahasiswa pertanian yang berhasil meraih gelar Terbaik 1 Putra dan Atha Rafifah Frinda, mahasiswi kedokteran gigi dinobatkan sebagai Terbaik 1 Putri.

Keduanya berhasil mengungguli puluhan peserta lainnya yang telah melewati berbagai tahapan seleksi yang ketat. Atha menuturkan rangkaian seleksi dimulai dari seleksi administrasi, wawancara, hingga tes Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI).

Selain itu, ia mengatakan para peserta juga harus menunjukkan kemampuan mereka dalam wicara publik, presentasi krida, penulisan artikel, penguasaan bahasa asing, serta penampilan bakat. “Semua tahapan ini dirancang oleh Balai Bahasa Sumatra Barat untuk menguji kompetensi dan keterampilan berbahasa serta pemahaman budaya para peserta,” ujar mahasiswa FKG ini.

Raihan dan Atha tidak hanya menunjukkan kemampuan bahasa yang baik, tetapi juga dedikasi dan komitmen mereka terhadap pelestarian budaya dan bahasa daerah. Keduanya akan mewakili Sumatra Barat di ajang Pemilihan Duta Bahasa Nasional yang akan diadakan pada bulan Agustus 2024 mendatang. (pt)