Info Terbaru

LPM UIN IB Gelar Acara Penyusunan Pedoman Kegiatan Sesuai Standard Operating Procedure

PADANGTIME.COM | Standard Operating Procedure (SOP) adalah pedoman yang
berisi tahapan, langkah-langkah, prosedur-prosedur operasional standar yang ada dalam suatu organisasi.
Penyusunan SOP merupakan bagian penting dari Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) UIN Imam Bonjol Padang. Dokumen SPMI terdiri dari: Kebijakan SPMI, Manual PPEPP, Standar SPMI, SOP, Formulir SPMI.
Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Imam Bonjol Padang menggelar acara Penyusunan Pedoman Kegiatan SE-Lingkung UIN. Acara ini dibuka langsung oleh Plh. Rektor UIN Imam Bonjol Padang Dr. Yasrul Huda, MA.
Dalam sambutannya, Dr. Yasrul Huda, MA menekankan pentingnya Standar Operasional Prosedur (SOP) sebagai dasar dalam bekerja.
“Dalam pembuatan SOP kita harus menentukan resiko terhadap pekerjaan tersebut dan apabila pekerjaan atau kegiatan tersebut beresiko besar maka SOP harus dibuat dengan rinci dan ketat,” ujarnya.
Acara ini dihadiri oleh perwakilan masing-masing fakultas dan unit yang ada di UIN Imam Bonjol Padang. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini diharapkan dapat menyempurnakan SOP yang ada di masing-masing unit sebagai pedoman internal dalam bekerja. Selanjutnya kegiatan ini juga menghadiri narasumber yang pakar di bidang kurikulum dan teknologi Pendidikan Universitas Negeri Padang Prof. Dr. Darmansyah, ST., M.Pd.
Konsistensi dalam penerapan SOP menjadi kunci utama dalam mewujudkan manfaat-manfaat tersebut. Jika SOP diterapkan secara konsisten dalam mengerjakan segala tugas dan aktivitas, maka kemungkinan terjadinya masalah pada kualitas pekerjaan akan berkurang. Konsistensi ini juga akan meningkatkan kepercayaan publik terhadap UIN Imam Bonjol Padang.
Dengan terintegrasi dalam SPMI, SOP diharapkan dapat berkontribusi dalam mewujudkan visi dan misi UIN Imam Bonjol Padang, yaitu menjadi Universitas Islam yang unggul dan berdaya saing di tingkat nasional dan internasional. (pt)
-

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer