Info Terbaru

LP2M UIN IB Padang Gelar Lokakarya Profil PPM Tahun 2021-2025

PadangTIME.com – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UIN Imam Bonjol Padang adakan Lokakarya Profil Penelitian dan Pengabdian kepada Mahasiswa dengan mengambil tempat di Premier Basko Hotel Padang Jalan Prof. Hamka No. 2a Air Tawar Kota Padang, Jumat (07/10)

Turut hadir Wakil Rektor III Welhendri Azwar, S.Ag., M.Si., Ph.D., Wakil Rektor III Dr. Tenstru Hedra, M.Ag., Panitia diketuai oleh Ketua LP2M Dra. Hulwati, M.Hum., Ph.D., para Dekan, Dosen, tenaga kependidikan yang terkait di lingkungan UIN Imam Bonjol Padang.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 30 peserta yang terdiri dari tenaga dosen dan kependidikan. Pada Acara ini, peserta akan mendapatkan materi-materi dari narasumber yang kompeten dengan program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat tersebut.

Pada laporannya Ketua Panitia Dra.Hulwati,M.Hum.,PhD. menyebutkan, bahwa kegiatan lokakarya profil ini dimaksudkan dalam rangka untuk meningkatkan kualitas program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat pada UIN Imam Bonjol Padang. Ia menegaskan acara Lokakarya Profil LP2M UIN Imam Bonjol pada hari ini penting untuk dilaksanakan, karena sampai saat ini LP2M belum memiliki profil.

LP2M merupakan tulang punggung Universitas, dimana dua Tridarma Perguruan Tinggi melekat pada LP2M yaitu penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Penelitian dan Pengabdian Masyarakat pada LP2M hanya mengacu pada Litapdimas.

Penelitian kolaborasi atau intersisipliner dilaksanakan oleh dosen pada bidang ilmu yg sama. Termasuk tema penelitian, ada yg tidak sesuai dengan keilmuan dosen. Pengabdian kepada masyarakat berbasis riset dengan tema Participatory Action Research (PAR), Asset Based Community Development (ABCD), Community Based Research (CBR), Service Learning (SL) masih sedikit, termasuk arah KKN.

Lebih lanjut Ia mengatakan, harapan ke depannya adalah perlu Road Map penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, penelitian kolaborasi keilmuan nasional dan internasional serta peningkatan penelitian prodi dan kepakaran dosen dalam penelitian dan pengabdian berbasis riset; PAR, ABCD, CBR, SL, serta arah KKN.

“Peningkatan jumlah riset di luar Litapdimas dan penelitian berbasis luaran dan seberapa banyak dimanfaatkan masyarakat. Termasuk tatakelola berbasis digital atau online,” ujarnya.

Lokakarya ini dibuka oleh Rektor diwakili oleh Wakil Rektor 3 Welhendri Azwar, S.Ag., M.Si., Ph.D. UIN Imam Bonjol Padang. Dalam sambutannya Ia menyampaikan bahwa, untuk mencapai penelitian yang unggul baik nasional maupun internasionaal yang kompetitif harus didukung oleh kebijakan anggaran yang cukup. Begitu pula dengan tema KKN, agar bisa berkualitas dan bermafaat untuk masyarakat, tentu harus dikaji ulang agar tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan.

“Wr III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama harus berkontribusi besar terhadap Akreditasi Universitas, karena kerjanya bersentuhan dengan bidang kemahasiswaan dan kerja sama dan itu di follow up oleh LP2M masing-masing prodi di fakultas,” katanya.

Menurutnya, Sinergitas ini harus dibangun dengan baik dan diharapkan acara lokakarya ini dapat melahirkan arah pengembangan kebijakan ke depan melalui diskusi-diskusi dan pembahasan yang berkembang.

“Maka untuk itu marilah diikuti dengan serius dan sungguh-sungguh, sehingga bisa menuju universitas yang unggul, tuturnya. (tn)

-

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer