Lapangan Kerja Tidak Sebanding, Audy Joinaldy Bangun Karakter Entrepreneurship Pada Generasi Milenial

0
235

PadangTIME.com – BATAM — Indonesia merupakan salah satu negara penyumbang sarjana terbanyak di dunia. Setiap tahunnya lulusan sarjana mencapai tiga juta orang.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Dr. Audi Joinaldy saat memberi Kuliah Umum Entrpreneurship di Batam Tourism Polytechnic dan Institut Teknologi Batam, Sabtu (18/11/2023).

Pertumbuhan lapangan kerja yang tersedia “tidak sebanding” dengan banyaknya lulusan Perguruan Tinggi. Tentunya ini menjadi tantangan bagi pemerintah, dengan membuka kesempatan wirausaha yang mampu menyerap tenaga kerja.

“Saya mengajak para generasi milenial dapat belajar bagaimana meciptakan lapangan kerja lewat pemanfaatan teknologi yang semakin berkembang,” kata Audy.

Wagub Audy mengatakan di antara lima negara utama ASEAN, Indonesia merupakan negara dengan persentase penduduk wirausaha terkecil. Jumlah itu hanya 3,47 persen dari total 271 juta penduduk indonesia. Sementara untuk kuota kebutuhan pegawai di pemerintahan (PNS) hanya 700.000.

“Padahal Indonesia memiliki penduduk terbesar di Asia Tenggara sebanyak 271 juta,” ucapnya.

Menurut Audy, di era 4.0 memiliki banyak kemudahan menciptakan peluang bisnis, tinggal bagaimana dan keinginan dalam pemanfaatanya.

“Ini tergantung kita bagaimana manfaatkan teknologi, bergaul lah dengan luas, dan yang terpenting bangun network sebagai modal berwirausaha,” ungkapnya.

Di hadapan para mahasiswa, Audy sebutkan salah satu point penting dalam entrepreneurship adalah networking. Sekarang dengan adanya media sosial membangun network menjadi jauh lebih mudah.

Adanya terbukanya potensi peluang usaha untuk generasi milenial di era 4.0 tersebut, maka lapangan pekerjaan baru untuk masyarakat juga akan meningkat. (nov)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini