Kota Pariaman Raih Penghargaan Gerakan Smart City 2022

0
809

PadangTIME.com | Wali Kota Pariaman, Genius Umar, menerima penghargaan dari Kementrian Kominfo RI, yang diserahkan oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Ditjen Aptika), Semuel Abrijani Pangerapan, dalam acara Seminar dan Pameran Gerakan Menuju Smart City 2022, yang diadakan di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (1/12).

Turut mendampingi Walikota Pariaman pada penerimaan penghargaan ini, Plt Kepala BAPPEDA Kota Pariaman, Yalviendri beserta jajaran BAPPEDA, serta Kabid E-Gov, Dinas Kominfo Kota Pariaman, Eka Putra Pernanda.

“Smart City bagi Pemerintah Kota Pariaman, bukanlah salah satu program atau kegiatan yang dilaksanakan oleh salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD), akan tetapi Smart City bagi Kota Pariaman merupakan misi ke 3 (tiga) Kota Pariaman periode 2018 – 2023,” ujarnya.

Genius mengatakan sesuai dengan misi yang kami tuangkan dalam RPJMD Kota Pariaman 2018 – 2023 adalah untuk Mewujudkan Pemerintahan Yang Prima Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik berbasiskan Smart City, ucapnya lebih lanjut.

Penghargaan ini diraih atas penyelesaian penyusunan dokumen Masterplan Kota Cerdas (Smart City) tahun 2022 dari Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

“Pada tahun 2022 ini, Kota Pariaman mendapatkan pendampingan dan pembimbingan penyusunan masterplan Smart City dari Kementrian Kominfo RI. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh OPD dan berlangsung dengan pola bimbingan teknis sebanyak 4 kali, dan apa yang dituangkan pada masterplan tersebut, semuanya sudah sejalan dengan visi-misi pembangunan di Kota Pariaman,” terangnya.

Peraih gelar Doktor dari IPB ini menyatakan, dengan selesainya penyusunan masterplan Smart City Kota Pariaman tersebut, maka kita akan mendorong seluruh OPD guna melahirkan inovasi – inovasi yang cerdas, dan memastikan apa yang telah di rancang dalam master plan tersebut dapat terlaksana dengan baik, tuturnya.

“Kita berterima kasih kepada Kementrian Kominfo yang telah memberikan penghargaan Smart City bagi Kota Pariaman tahun 2022 ini,  penghargaan ini akan menjadi pelecut semangat untuk terus berbuat guna menghadirkan Kota Pariaman yang layak dan nyaman bagi masyarakatnya “, ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo RI, Samuel Abrijani Pangerepan dalam sambutannya menyampaikan, untuk mendorong penerapan dan pengembangan smart city melalui Gerakan Menuju Smart City, Kementerian Kominfo fokus pada enam pilar, yaitu smart governance, smart infrastructure, smart economy, smart living, smart people dan smart environtment.

“Gerakan Menuju Smart City, adalah sebuah inisiatif bersama antara Kominfo melalui kolaborasi dengan berbagai elemen dalam mendorong pembangunan berbasis smart city di Indonesia. Dalam gerakan ini, Kementerian Kominfo melakukan proses pembimbingan dan pendampingan kepada pemerintah kota dan kabupaten yang terpilih dalam membuat rencana induk atau master plan pembangunan smart city,”  tutupnya. (pt)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini