Hikmah dari Festival Pantai Kota Pariaman 2022, Hari Kedua Raup PAD Rp. 53 juta lebih dari Retribusi

0
540
Padang TIME – Hikmah Festival Pantai Kota Pariaman 2022, Hari Kedua Raup PAD (Pendapatan Asli Daerah) Rp. 53 juta lebih dari Retribusi tiket masuk destinasi wisata di Kota Pariaman.
Sehari sebelumnya di hari pertama Festival Pantai, tercatat PAD Kota Pariaman sebesar Rp. Rp. 40.620.000, dan dihari Kedua ini, atau Hari Ketiga lebaran, naik menjadi Rp. 53.155.000. Hal ini disampaikan Walikota Pariaman, Genius Umar ketika menerima laporan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Pariaman, Rabu (4/5).
“Setelah 2 Tahun masa Pandemi Covid-19, Tahun ini kita dapat melaksanakan Festival Pantai, apalagi dengan diperbolehkanya para perantau dan wisatawan untuk mudik dan berwisata, karena tidak ada lagi penyekatan, dan hal ini memberi imbas yang positif bagi kita sebagai daerah tujuan wisata,” ujarnya.
Genius mengatakan PAD hari kedua ini berasal dari retribusi tiket masuk, dimana retribusi tiket masuk destinasi wisata Kota Pariaman sebesar Rp. 5.000 rupiah/orang, untuk di Pantai Gandoriah, Pantai Kata, dan Talao Pauh, jelasnya.
“Khusus untuk Pulau Angso Duo, dikarenakan cuaca yang masih kurang bersahabat, kita putuskan untuk hari ini ditiadakan kunjungan wisata kesana, hal ini kami lakukan demi keselamatan para wisatawan nantinya,” tuturnya.
Lebih lanjut ia mengatakan, tingkat kunjungan wisatawan dihari Kedua penyelenggaraan Festival Pantai Kota Pariaman ini, mencapai 10.631 orang, yang tersebar di 3 (tiga) destinasi unggulan Kota Pariaman, ucapnya.
“Dari data yang masuk, untuk di Pantai Gandoriah berjumlah sebanyak 5.803 orang dengan jumlah Retribusi Rp. 29.015.000, Pantai Kata sebanyak 2.928 orang, dengan Retribusi Rp. 14.640.000, dan Talao Pauh berjumlah 1.900 orang, dengan Retribusi yang terkumpul Rp. 9.500.000, sehingga Total Retribusi hari Kedua ini berjumlah Rp. 53.155.000,” ucapnya.
“Dihari Kedua ini dari pantauan kami di 8 (delapan) titik destinasi wisata di Kota Pariaman, seperti: Pantai Sunur, Pantai Binasi, Pantai Kata, Pantai Cermin, Pantai Gandoriah, Pulau Angso Duo, Talao Pauh dan Pantai Apar, wisatawan yang datang cukup ramai dan membludak, semoga ini akan menjadi daya ungkit PAD dan Perekonomian Kota Pariaman selama Festival Pantai ini,” ungkapnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini