Hari Pertama Festival Pantai, Kota Pariaman Raup PAD Rp. 40 Juta lebih

0
390
Padang TIME – Hari Pertama Festival Pantai, Kota Pariaman Raup PAD (Pendapatan Asli Daerah) Rp. 40 juta lebih dari sektor Pariwisata. Demikian disampaikan Wali Kota Pariaman Genius Umar saat menerima laporan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Pariaman, Selasa (3/5).
“Jumlah ini berasal dari tiket masuk, dimana tiket masuk Destinasi Kota Pariaman sebesar Rp 5.000 rupiah/orang, untuk Pantai Gandoriah, Pantai Kata, dan Talao Pauh, sedangkan untuk Pulau Angso Duo retribusinya sebesar Rp 10.000 rupiah/ orang. orang,” jelasnya.
Genius mengatakan tingkat kunjungan wisatawan pada hari pertama Festival Pantai Kota Pariaman mencapai 7.636 orang, yang datang untuk berwisata baik secara perorangan, bersama keluarga maupun rombongan, ujarnya.
“Dari data yang masuk, Laporan Biaya Festival Pantai Pariaman 2022 hari ini, untuk Pantai Gandoriah ada 4.015 orang dengan total retribusi Rp 20.075.000, Pantai Kata sebanyak 2.033 orang, dengan retribusi Rp 10.165.000, dan Talao Pauh. berjumlah 1.100 orang, dengan retribusi yang terkumpul sebesar Rp 5.500.000,” ujarnya.
Khusus untuk Pulau Angso Duo, Genius mengatakan pada hari pertama Festival Pantai Pariaman ada 488 orang, dengan retribusi Rp. 4.880.000, maka jika dijumlahkan retribusi dari Pantai Gandoriah, Pantai Kata, Talao Pauh dan Pulau Angso Duo maka total retribusi hari pertama adalah Rp. 40,62 juta, katanya.
“Alhamdulillah ini menjadi angin segar bagi Pemkot Pariaman, karena selain PAD yang kami dapatkan, Multiplier effect dari kunjungan 7.636 wisatawan, juga berdampak pada masyarakat yang berjualan atau pedagang yang menjual kuliner dan oleh-oleh, jadi agar perekonomian Kota Pariaman yang terjadi pada saat Festival Pantai nanti meningkat,” ujarnya.
Genius juga berharap seluruh warga Kota Pariaman dan wisatawan yang datang, dapat menjaga ketentraman dan ketertiban, serta tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19, di destinasi wisata Kota Pariaman dan tempat-tempat umum, tutupnya. (pt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini