Hadapi HKBN 2024, Padang Kenalkan ‘Blue Line Tsunami Save Zone’

0
963

Padangtime.com | Kota Padang didapuk sebagai kota pelaksana peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) Tahun 2024. Sebagai kota yang berada di pesisir pantai, Padang fokus mengenalkan implementasi ‘Blue Line Tsunami Save Zone’.

Sekretaris Daerah Kota Padang Andree Algamar mengatakan, Kota Padang merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang menerapkan zona aman tsunami. Saat ini, zona aman tsunami itu menjadi acuan bagi masyarakat kota ketika menyelamatkan diri saat terjadi bencana gempa.

“Di peringatan HKBN tahun ini, Kota Padang fokus kepada sosialisasi dan implementasi ‘Blue Line Tsunami Save Zone’,” terang Sekda saat Rapat Persiapan HKBN Tahun 2024 di Balaikota Padang, Selasa (2/4/2024).

Saat ini hampir di tiap jalur arah Timur Kota Padang terdapat ‘Blue Line Tsunami Save Zone’. Batas itu menjadi acuan bagi masyarakat saat melakukan evakuasi diri ketika terjadi gempat berpotensi tsunami.

Selain itu, dalam rapat itu juga disinggung tentang kesiapan masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemko Padang dalam menghadapi bencana gempa dan tsunami. Setiap OPD diharapkan untuk menyusun dan menyiapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) bencana.

“Kita minta tiap OPD segera menyiapkan SOP bencana, sehingga nanti ketika terjadi bencana, semua warga dapat menyelamatkan diri ke tempat yang telah ditetapkan sesuai SOP yang ada,” ucap Asisten I Setdako Edi Hasymi.

Peringatan HKBN Tahun 2024 ini akan dipusatkan di Kota Padang. Jika tak ada aral melintang, kegiatan itu dihelat pada 26 April 2024 nanti. Kegiatan dipusatkan di Gedung Youth Center dan Pantai Padang.

”Saat ini tengah menyiapkan diri untuk kesuksesan kegiatan itu,” ujar Kalaksa BPBD Kota Padang, Hendri Zulviton.(Charlie)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini