Gubernur Sumbar Sambut Rombongan Delegasi Luak Jelebu Negeri Sembilan

0
6438
Padang TIME | Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, menyambut kedatangan rombongan Kajian Perbandingan Adat, Budaya, dan Warisan dari Delegasi Penyandang Pesaka Adat Luak Jelebu, Negeri Sembilan-Malaysia, di Ruang Rapat Istana Gubernur Sumbar, Rabu (27/09/2023).
Dalam sambutannya, Gubernur Mahyeldi mengapresiasi kedatangan rombongan tersebut, dan berharap agar upaya-upaya kajian yang akan dilakukan terkait perbandingan adat, budaya, dan warisan Minangkabau dengan adat, budaya, serta warisan di Luak Jelebu Negeri Sembilan, menghasilkan pengetahuan yang bermanfaat untuk kedua belah pihak.
“Ada beberapa daerah yang nantinya akan dikunjungi oleh saudara serumpun kita dari Delegasi Penyandang Pesaka Adat Luak Jelebu. Ada pertemuan-pertemuan dengan tokoh-tokoh adat. Kita berharap, pertemuan-pertemuan ini menghasilkan informasi yang bermanfaat bagi kedua pihak,” ucap Gubernur Mahyeldi, didampingi Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar, Syaifullah.
Selain itu, Gubernur berharap agar kunjungan delegasi dari Luak Jelebu juga semakin memperkokoh hubungan antara Sumbar dengan Negeri Sembilan pada umumnya, yang memang secara historis kultural memiliki hubungan yang sangat kuat. Terlebih, kunjungan tersebut juga senapas dengan misi Pemprov Sumbar dalam meningkatkan komunikasi dengan para perantau Minang.
“Peningkatan hubungan dan kerja sama dengan para orang Minang di luar negeri, terlebih di Malaysia, menjadi salah satu misi penting kita di Pemprov Sumbar. Sehingga, kedatangan tamu kita hari ini sangat sesuai dengan arah pengembangan pembangunan daerah,” ucap Gubernur lagi.
Di sisi lain, Yang Mulia Dato’ Menteri Sah Mangku Alam Raja Sari Mohamad bin Abdul Aziz selaku Dato’ Lembaga Delapan Luak Jelebu sekaligus Ketua Delegasi menyampaikan, bahwa kunjungan dimaksudkan untuk melihat perbandingan antara kajian Adat, Budaya, serta Warisan yang berlaku Minangkabau dengan yang berlaku di Luak Jelebu dan Negeri Sembilan pada umumnya.
“Kunjungan ini kami lakukan selama lima hari, tujuannya ke beberapa daerah, termasuk ke Tanah Datar. Nanti hasil perbandingan ini kami rencanakan untuk dibukukan,” ucap Dato’ Mohamad bin Abdul Aziz.
Turut serta dalam rombongan delegasi tersebut, Yang Mulia Dato’ Raja Balang Amrus Bin Alias selaku Dato’ Lembaga Delapan Luak Jelebu, Yang Mulia Dato’ Raja Penghulu Raja Izzuddin bin Raja Sirajuddin yang juga Dato’ Lembaga Delapan Luak Jelebu, Yang Mulia Dato’ Shahbandar Zaini bin Abdul Aziz, dan Yang Mulia Dato’ Amar Penghulu Adnan bin Abd Malek.
Selanjutnya, turut hadir Yang Berusaha Tuan Haji Shah Kamaruddin bin Haji Hashim, Drs. Shamsuddin bin Ahmad, Puan Jamilah binti Katis, Encik Ayop bin Salleh, Encik Nizamudin bin Hashim, Tuan Haji Hamdan bin Ali, D.P.T, serta beberapa istri dan pegawai lembaga lainnya. (adpsb)
bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini