Kota Padang – padangtime.com | Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah meresmikan pengoperasian Kapal Motor Penyeberangan (KMP)
Wira Sameiri lintas Padang-Mentawai di Pelabuhan Teluk Bungus Padang, Senin (26/02/2024).

Kehadiran KMP Wira Sameiri melengkapi pelayanan KMP rute Padang-Mentawai bisa diakses masyarakat selama tujuh hari dalam seminggu.
“Apresiasi dan ucapan terima kasih kita sampaikan kepada PT Wirajaya Logitama Lines Sumbagut, selaku perusahaan yang mengelola KMP Wira Sameiri ini. Sehingga menjadi KMP pertama di Sumbar yang dikelola oleh pihak swasta,” ucap Gubernur Mahyeldi dalam sambutannya.
Gubernur Mahyeldi menjelaskan, kehadiran KMP Wira Sameiri merupakan wujud kepedulian pemerintah dan swasta terhadap perekonomian Sumbar. Oleh karenanya, langkah ke depan yang perlu ditata dan dipastikan adalah, peningkatan arus pengiriman orang dan barang dari Padang menuju Mentawai dan begitu pun sebaliknya dari Mentawai menuju Padang.
“Sebagaimana harapan Bapak Presiden saat berkunjung ke Mentawai akhir tahun lalu, bahwa akses transportasi perlu terus dikembangkan, karena akan semakin memurahkan dan memudahkan pembiayaan masyarakat. Oleh karena itu, kita juga mengimbau pedagang dan pengusaha, untuk meningkatkan produktivitas usahanya dari dan menuju Mentawai,” sebut Gubernur lagi.
Gubernur Mahyeldi didampingi Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumbar, Dedy Diantolani juga menjelaskan, KMP Wira Samaeri akan melayani rute Padang-Tua Peijat pada Hari Senin dan Sabtu, dan melayani rute Tua Peijat-Padang pada Hari Selasa dan Minggu. Kemudian, KMP ini juga melayani rute Padang-Sikakap pada Hari Kamis, dan rute Sikakap-Padang pada Hari Jumat.
“Pelayanan KMP Wira Sameiri ini melengkapi pelayanan KMP kita yang lain, yaitu KMP Gambolo, Ambu-Ambu, dan Kapal Cepat Mentawai Fast. Sehingga, saat ini setiap hari selalu ada layanan KMP dari Padang ke Mentawai. Ke depan, kita juga akan berusaha untuk meningkatkan pelayanan KMP antarpulau di Mentawai,” ucap Gubernur lagi.
Dalam kesempatan itu, Gubernur Mahyeldi juga mengapresiasi keseriusan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Sumbar Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI, dalam mengelola Pelabuhan Teluk Bungus, sehingga bisa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Gubernur pun meminta masyarakat dan seluruh stakeholder terkait, agar terus menjaga kondusivitas dan kenyamanan dalam pelayanan transportasi di seluruh pelabuhan di Sumbar.
Dalam kesempatan yang sama, Kepala BPTD Kelas II Sumbar, Muhammad Majid menyampaikan, tujuan penambahan KMP menuju Mentawai memang bertujuan untuk memaksimalkan potensi ekonomi, wisata, serta pemerataan pembangunan di Sumbar. “Semoga dengan kehadiran KMP Wira Samaeri ini, ekonomi Mentawai lebih bergerak cepat,” ucap Majid.
Hal senada juga disampaikan oleh General Manager (GM) PT Wirajaya Logitama Lines Sumbagut, Heriyon Marbun. Menurutnya, setiap pembukaan jalur baru yang dilakukan oleh perusahaannya, salah satunya memang bertujuan untuk mendukung pemerintah dalam penguatan perekonomian masyarakat.
“Kami telah memberlakukan sistem pemesanan tiket online dalam pelayanan KMP Wira Samaeri ini. Semoga dengan pelayanan ini, ekonomi masyarakat semakin menggeliat. Kami ucapkan terima kasih kepada Pemda di Sumbar, BPTD Kemenhub RI, Aparat Penegak Hukum, Lembaga terkait lain, serta pihak swasta yang mendukung pengoperasian KMP Wira Samaeri ini,” ucap Heriyon Marbun. (adpsb/isq)
bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini