Genius Umar Paparkan SAKIP Kota Pariaman kepada KemenPAN RB

0
972

PadangTIME.com – Wali Kota Pariaman Genius Umar sampaikan pemaparan tentang “Implementasi SAKIP dan Pelaksanaan RB Kota Pariaman” kepada Tim Penilai dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia, diacara “Evaluasi Sakip dan Reformasi Birokrasi Di Lingkungan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota di Sumatera Barat”, Kamis (15/9) di Balairung Rumah Dinas Wali Kota Pariaman.

Dalam acara tersebut Genius Umar sampaikan tentang capaian Nilai SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan) Kota Pariaman dalam lima tahun terakhir, yang selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya. Tahun 2017 dengan nilai berjumlah  52,35%, pada tahun 2021 sudah mencapai peningkatan menjadi 60,06 %. Tentu saja hal tersebut tidak didapat dengan mudah, tetapi sudah melalui proses yang panjang.

“Capaian itu mulai dari pertumbuhan ekonomi, IPM, Angka Harapan Hidup, Angka rata-rata lama sekolah, Angka harapan lama sekolah yang semakin naik, dan angka tingkat kemiskinan dan pengangguran yang setiap tahun dapat kita kurangi, sehingga kesejahteraan masyarakat dapat kita wujudkan”, jelas Genius.

Genius juga memaparkan berbagai inovasi dan kebijakan dalam mendukung hal tersebut, serta Reformasi Birokrasi yang diterapkan kepada para ASN dan Non ASN di Pemko Pariaman, dalam membentuk palayanan publik yang profesional, e-goverment yang baik, dan hal ini terbukti dengan semakin baiknya capaian indikator makro daerah.

Genius berharap dengan adanya pertemuan secara zoom meeting dengan Tim Penilai dari Kemenpan RB, yang bertujuan untuk memperbaiki kinerja pemerintahan daerah, juga secara keseluruhan memperbaiki kinerja pemerintahan secara nasional.

“Kami sangat menyambut baik kegiatan ini, mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini bisa membawa pada perobahan yang lebih baik, dan kami sebagai pemimpin daerah, juga bisa membawa daerah ini semakin maju dan berkembang ke arah yang lebih baik lagi kedepannya, dan Nilai SAKIP Kota Pariaman setelah evaluasi ini bisa berubah nilainya menjadi A atau AA”, pungkas Genius Umar menutup pemaparannya.

Acara Evaluasi Sakip dan Reformasi Birokrasi Di Lingkungan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota di Sumatera Barat ini, juga dihadiri oleh Sekretariat Daerah Kota Pariaman Yota Balad, Asisten I Sekdako Pariaman Yaminu Rizal, Asisten II Sekdako Pariaman Elvis Chandra, dan Kepala OPD dan Badan di Lingkungan Pemerintahan Kota Pariaman. (tachi PT/)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini