Genius Umar Harapkan Aplikasi SIDAK Berikan Data Akurat Ketenagakerjaan

0
710

PadangTIME.com- Untuk mengurangi tingkat pengangguran di Kota Pariaman, Pemerintah Kota Pariaman melalui Dinas Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dan Tenaga Kerja Kota Pariaman, menggelar Bimbingan Teknis Kader Ketenagakerjaan Tentang Aplikasi Sistem Informasi Data Ketenagakerjaan (SIDAK).

Acara Bimtek SIDAK ini dibuka secara langsung oleh Wali Kota Pariaman Genius Umar, bertempat di Aula Kantor Bersama Desa Karan Aur Kota Pariaman, Selasa (6/12), yang diikuti oleh 71 orang peserta yang merupakan utusan dari masing-masing Kepala Desa/Lurah di 71 Desa/Kelurahan yang berada di Kota Pariaman.

Dalam sambutannya Genius Umar ungkapkan bahwa, masalah ketenagakerjaan berkaitan erat dengan jumlah dan pertumbuhan penduduk, karena perkembangan jumlah penduduk harus diimbangi dengan kualitas pendidikan yang lebih baik, sehingga jika dibina dan ditingkatkan pendidikan dan keterampilannya, maka akan menjadi modal yang besar untuk mencapai tujuan pembangunan, salah satunya dengan cara memberikan Bimtek ini.

“Telah banyak yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Pariaman untuk meningkatkan dan membuka lapangan kerja bagi pengangguran yang ada di Kota Pariaman, seperti membuka lowongan tenaga pendamping desa berdikari, perangkat desa, barakai, dubalang, dan masih banyak lagi lapangan kerja lainnya yang telah berhasil mengurangi pengangguran di Kota Pariaman ini baik melalui pendidikan formal atau mengikuti pelatihan-pelatihan”, jelas Genius.

“Saya ingin berapa jumlah pengangguran dan berapa jumlah pencari kerja yang ada di Kota Pariaman ini bisa terdata dengan baik, sehingga kita bisa mengetahui berapa banyak jumlah usia produktif yang bisa diberikan skill melalui pelatihan-pelatihan, sehingga mereka bisa mandiri dengan skill yang sudah mereka dapatkan untuk membuka usaha sendiri dan merekrut tenaga kerja yang ada di Kota Pariaman”, tegasnya.

Genius berharap melalui Bimtek Aplikasi SIDAK ini, bisa diperoleh data dan informasi yang akurat terkait ketenagakerjaan di Kota Pariaman, sehingga dengan data yang ada bisa dijadikan acuan dalam mengambil kebijakan untuk menuju Kota Pariaman sejahtera.

Sementara itu Kabid Ketenagakerjaan DPMPTSP dan Naker Kota Pariaman Devi Astuti sampaikan, bahwa  Bimtek ini adalah sebagai sarana pendukung untuk mengurangi angka pengangguran dan memperluas kesempatan kerja di Kota Pariaman, salah satu tahapannya adalah dengan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Pengelola Data melalui strategi sistem pengelolaan aplikasi SIDAK ini.

Dalam kesempatan itu Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pariaman tampil sebagai narasumber dalam kegiatan sosialisasi Aplikasi SIDAK yang telah dibangun sesuai dengan permintaan Dinas DPMPTSP dan Naker Kota Pariaman.

Aplikasi yang dibangun ini sudah mendigitalisasi beberapa proses yang selama ini dilaksanakan secara manual, seperti penerbitan kartu pencari kerja AK4, info lowongan kerja online, dan info tempat pelatihan kerja.Dengan adanya aplikasi ini, mudah-mudahan dapat membantu calon tenaga kerja guna memudahkan dalam mendapatkan pekerjaan kedepannya. (tachi)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini