Genius Minta Tokoh Adat, Agama dan Masyarakat Bantu Sosialisasi Rumah RJ

0
761

PadangTIME.com | Bertindak cepat terkait dengan program Rumah Restorative Justice (RJ) Desa Bungo Tanjung yang baru saja diresmikan oleh Kajati Sumbar, Yusron, Wali Kota Pariaman, Genius Umar mengadakan diskusi mendadak dengan Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Tokoh Agama  di Balairung Rumah Dinas Wali Kota Pariaman, Rabu (16/11).

Diskusi tersebut bertujuan untuk membicarakan tentang keterlibatan tokah adat, dan niniak mamak yang ada di Desa/Kelurahan dalam menyelesaikan perkara perdata dan pidana yang terjadi ditengah-tengah masyarakat saat ini.

“Saya mau, semua permasalahan melawan hukum yang ada ditengah-tengah masyarakat bisa diselesaikan dengan cara musyawarah mufakat, dengan melibatkan tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama di rumah RJ, sehingga semua perkara yang ada bisa terselesaikan dengan damai, tanpa melibatkan pemerintah daerah”, terang Genius.

Genius Umar inginkan, melalui tokoh masyarakat, tokoh adat, dan tokoh agama, keberadaan Rumah RJ ini bisa disosialisasikan  kepada masyarakat, sehingga masyarakat paham dan mengerti tujuan Rumah RJ Kejaksaan Negeri Pariaman diadakan.

“Persoalan yang bisa didamaikan di Rumah RJ ini adalah tersangka yang melakukan perbuatan atau tindakan melawan hukum hanya sekali dan tidak berkali-kali, serta memenuhi syarat yang telah ditentukan”, jelasnya. (pt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini