FT UNP Laksanakan Layanan Aktivasi Kependudukan Digital

0
1169
Padang TIME | Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang hari ini, Jumat (13/11/2023) melaksanakan kegiatan layanan aktivasi kependudukan digital (IKD) bersama Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Padang di Ruang Serba Guna FT UNP. Kegiatan ini Dilaksanan dalam rangka menyukseskan implementasi IKD ke Perbankan, Badan Usaha Milik Negara (BUMN)/Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan Universitas yang ada di Kota Padang.
Dekan Fakultas Teknik UNP Dr.Ir. Krismadinata, ST, MT mengatakan kegiatan ini harus sukses dan terlaksana dengan baik, karena memiliki banyak manfaat yang akan dirasakan oleh masyarakat kampus untuk kepentingan administrasi seperti mengurus urusan kemahasiswaan, urusan perbankan dan urusan administrasi lainnya.
Sementara itu, Kadis Dukcapil Kota Padang melalui Kabid Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan Dukcapil Kota Padang, Burdefira,S.Kom,.M.Cio mengatakan kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Peraturan Menteri dalam Negeri (Permendagri) Nomor 72 Tahun 2022 tentang Standar dan Spesifikasi Perangkat Keras, Perangkat Lunak, dan Blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik Serta Penyelenggaraan Identitas Kependudukan Digital.
“Hingga saat ini baru sekitar 19.000 lebih penduduk Kota Padang yang baru memiliki IKD ini, sementara kita tahu sekitar 924 ribu Penduduk Kota Padang yang telah berhak memiliki kartu Identitas,”
Lebih lanjut Kabid Burdefira, S.kom,.M.Cio mengatakan adapun kendala yang umum terjadi diantaranya belum siapnya masyarakat dengan era digitalisasi, selain itu hanya 20 persen masyarakat Kota Padang yang memiliki ponsel android. Alasan lainnya yang sering ditemui adalah kurang yakin dan percaya masyarakat terhadap aplikasi IKD ini. (pt)
bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini