ads
Pimpinan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta melakukan studi banding ke Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang khususnya ke Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia pada Kamis (23/6).
Kunjungan studi banding Universitas Muhammadiyah Surakarta tersebut diterima oleh Dekan, Wakil Dekan, Kepala Departemen, Sekretaris Departemen, Koordinator Program Studi, dan staf pengajar di ruang sidang FBS UNP Kampus Air Tawar Padang. Kegiatan kunjungan ini juga dilakukan dengan penandatanganan naskah perjanjian kerja sama.
Dekan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang, Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum. menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas pemilihan FBS UNP sebagai tempat Studi Bandin dari tim FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Tim kunjungan studi banding tersebut adalah Dr. Yacub Nasucha, M.Hum., Kabid Pengembangan MKU LBIPU Universitas Muhammadiyah Surakarta, Dr. Miftakhul Huda, M.Pd., Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta, Gallant Karunia Assidik, M.Pd., Sekretaris Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Pada kesempatan itu, Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum. menyampaikan bahwa kunjungan dan studi banding diharapkan dapat memberikan manfaat kepada kedua lembaga untuk pengembangan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
“Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang memiliki 15 Program Studi dengan terakreditasi Unggul, A dan B, ada yang terakreditasi AUNQA. Pada tahun ini Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mendapatkan hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka,” tambah Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum.
Selain itu, Dr. Yacub Nasucha, M.Hum., Kabid Pengembangan MKU LBIPU Universitas Muhammadiyah Surakarta menyampaikan bahwa kunjungan studi banding ini sangat penting untuk berbagi informasi untuk pengembangan program studi.
“Isu penting pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia terakhir ini adalah berkurangnya minat pendaftar mahasiswa untuk Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di perguruan tinggi,” tambah Dr. Yacub Nasucha, M.Hum.
Selanjutnya, Dr. Miftakhul Huda, M.Pd., menyampaikan terima kasih atas sambutan pimpinan Fakultas, Departemen, dan Program Studi dan ingin mendapatkan informasi tentang implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).
“Selain itu, kami juga berkeinginan mendapatkan informasi tentang pengelolaan jurnal ilmiah sebanyak 12 jurnal terakreditasi di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang,” tambah Dr. Miftakhul Huda, M.Pd.
Lebih lanjut kata Dr. Miftakhul Huda, M.Pd., kehadiran studi banding juga untuk mendapatkan informasi tentang konversi nilai bagi mahasiswa yang mengikuti Program MBKM baik yang dilaksanakan Kementerian dan yang diinisiasi oleh Program Studi. (pt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini