Enam Badan Publik Pesisir Selatan Ikuti Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2023

0
125

Padang TIME.com – Enam badan publik di lingkungan Pemkab  Pesisir Selatan berhasil melangkah ke tahap presentasi dalam ajang prestisius Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2023. Mulai hari ini, keenam lembaga ini akan mempresentasikan komitmen, strategi, dan inovasi mereka untuk meningkatkan layanan keterbukaan informasi publik di hadapan panelis.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pesisir Selatan, Junaidi, S.Kom, ME, mengumumkan bahwa keenam badan publik tersebut meliputi Pemkab Pesisir Selatan (Kategori Pemerintahan Kabupaten/Kota), Nagari Muara Inderapura, dan Nagari Tambang (Kategori Pemerintahan Nagari/Desa), SMAN 3 Painan dan MAN 2 Pesisir Selatan (Kategori Sekolah Menengah Atas), serta Bawaslu Pesisir Selatan (kategori Bawaslu).

Keenam badan publik ini berhasil bersaing bersama 31 lembaga publik lain di Sumatera Barat dalam 10 kategori. Proses seleksi melibatkan pengisian kuesioner, verifikasi data, hingga visitasi tim untuk memastikan kesesuaian data secara faktual.

Informasi ini diperoleh melalui surat resmi Ketua Komisi Informasi Sumatera Barat Nomor 111/KI-PSB/XI2023, tertanggal 27 November 2023. Kabar ini telah disampaikan kepada pimpinan, Bapak Bupati, melalui pesan singkat WhatsApp, dan Sekretaris Daerah. Jadwal presentasi bagi badan publik kategori Pemkab/Kota dijadwalkan besok, Kamis siang.

Pemkab Pesisir Selatan berhasil melangkah ke tahap presentasi bersama Kota Padang Panjang dan Kota Paraman untuk keenam kalinya. Prestasi sebelumnya selalu memenangkan kategori tersebut.

Dalam kategori pemerintahan nagari, Pemkab Pesisir Selatan mengulangi keberhasilan dua tahun terakhir dengan dua nagari yang mewakili, yaitu Nagari Muara Inderapura dan Nagari Tambang. Mereka akan bersaing dengan Nagari III Koto Aur Malintang pada Sabtu, 2 Desember 2023.

Sementara itu, untuk kategori SMA/SMK/MA, empat lembaga yang berhasil lolos adalah MAN 2 Pesisir Selatan, SMAN 3 Painan, SMAN 2 Payakumbuh, dan SMKN 1 Lubuk Sikaping. Terakhir, dalam kategori Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Bawaslu Kabupaten Pesisir Selatan, Bawaslu Kota Padangpanjang, dan Bawaslu Kota Pariaman juga berhasil melangkah ke tahap presentasi.

Pihak PPID Utama menyampaikan rasa terima kasih kepada pimpinan, PPID Pelaksana, PPID Nagari, seluruh stakeholder terkait, serta para komisioner KI Sumatera Barat atas dukungan, pembinaan, komitmen, konsistensi, dan kolaborasi yang telah diberikan. Semoga upaya meningkatkan keterbukaan informasi ini dapat memberikan dampak positif dan mendorong partisipasi masyarakat dalam perencanaan dan pembangunan daerah, menuju terwujudnya kesejahteraan masyarakat Pesisir Selatan. (pt)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini