Dua Sekolah di Pessel Terima Penghargaan Adiwiyata Mandiri dan Nasional

0
258

PadangTIME.com – Bupati Pesisir Selatan (Pessel) Rusma Yul Anwar, menghadiri penyerahan penghargaan sekolah Adiwiyata Mandiri dan Nasional Tahun 2022, Kamis (2/12) bertempat di Auditorium Dr Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI di Jakarta.

Dua sekolah yang mendapatkan penghargaan Adiwiyata Mandiri dan Nasional Tahun 2022 itu adalah Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Painan, dan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 3 Ranah Pesisir.

Penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri yang diraih SMAN 3 Painan itu ditetapkan dengan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor SK. 1177/MENLHK/P2SDM/SDM 2/2022.

Sedangkan Penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional yang diraih oleh SMPN 3 Ranah Pesisir, berdasarkan pula kepada Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor SK. 1176/MENLHK/P2SDM/SDM 2/2022.

Penyerahan penghargaan Adiwiyata Mandiri itu dilakukan langsung oleh Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Alue Dohong, kepada Kepala SMAN 3 Painan, Muslim Arif, dengan didampingi Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar, dan Kepala Dinas Perkimtan LH Pessel, Mukhridal, serta para pejabat eselon III lainnya dari Pemkab Pessel.

Sementara penyerahan penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional yang diraih oleh SMPN 3 Ranah Pesisir dilakukan pula secara on line kepada Kepala SMPN 3 Ranah Pesisir, Nedi Putra. Berdasarkan kedua Keputusan Menteri LHK tersebut, terdapat 94 sekolah yang ditetapkan sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri, dan 305 sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional di tahun 2022 ini.

Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar berharap sekolah-sekolah yang telah meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata baik itu Sekolah Adiwiyata Mandiri, Nasional, Provinsi, dan Kabupaten agar tidak berhenti di penghargaan itu saja. Penghargaan yang diraih itu merupakan upaya pembinaan yang sudah dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pessel melalui Dinas Perumahan Permukiman Pertanahan dan Lingkungan Hidup (Perkimtan dan LH) selama ini.

Bupati  berharap agar prestasi ini dipertahankan dan ditingkatkan lagi ke depan. Kemudian sekolah yang meraih penghargaan Adiwiyata Nasional di Pessel, hendaknya bertambah setiap tahun,” harap bupati.

Lebih lanjut dikatakan, untuk mewujudkan sekolah adiwiyata, maka ke depan harus dilakukan pembinaan secara maksimal terhadap sekolah yang ada. “Ya, melalui pembinaan itu diharapkan sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan masuk dalam kategori Sekolah Adiwiyata baik tingkat kabupaten, provinsi, nasional maupun mandiri.

Kepala Dinas Perkimtan dan LH Pessel, Mukhridal menyatakan bahwa pihaknya akan terus melakukan langkah-langkah strategis serta sosialisasi dan pendekatan pada semua pihak dalam rangka mewujudkan sekolah adiwiyata.

“Tim pembinaan dan penilaian Sekolah Adiwiyata juga harus terjun ke lapangan untuk melakukan pembinaan Sekolah Adiwiyata secara intensif,” ujarnya.

Mukhridal menambahkan, nantinya untuk sekolah yang meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata tingkat provinsi, maka sekolah itu mesti melakukan upaya pembinaan dasar kepada sekolah lain seperti pengelolaan bank sampah, green house, komposter dan pemilahan sampah.

Sekolah Adiwiyata tingkat nasional memiliki tanggung jawab pula melakukan inovasi di semua lini. “Selanjutnya, Sekolah Adiwiyata tingkat mandiri sebagaimana yang diraih oleh SMAN 3 Painan 2022 ini, memiliki tanggung jawab pula melakukan pembinaan terhadap lima sekolah yang dihadiri perangkat daerah terkait,” ucapnya.

Kepala SMAN 3 Painan, Muslim Arif, usai menerima penghargaan itu menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Pessel yang selama ini telah melakukan pembinaan dan bimbingan kepada SMAN 3 Painan.

“Berkat pembinaan dan bimbingan itu, sehingga SMAN 3 Painan berhasil meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri tahun 2022,” ujarnya. Selain itu ucapan terima kasih juga disampaikan kepada semua pihak yang telah mendukung dan berpartisipasi untuk kemajuan SMAN 3 Painan.

“Prestasi Sekolah Adiwiyata Mandiri yang diraih SMAN 3 Painan ini merupakan usaha dan kerja bersama dari semua pihak. Prestasi ini tidak hanya menjadi kebanggaan SMAN 3 Painan, akan tetapi juga menjadi kebanggaan masyarakat Pessel. Prestasi ini akan menjadi motivasi bagi sekolah untuk lebih berbenah lagi kedepannya,” timpal Muslim Arif.( PT)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini