DPRD Sumbar Rapat Paripurna Tutup Masa Sidang Pertama 2023-2024

0
172

Padang TIME.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera menggelar sidang paripurna dengan agenda penyampaian laporan reses dan penutupan masa persidangan pertama tahun 2023/2024 sekaligus pembukaan persidangan kedua tahun 2023/2024, di ruang sidang utama kantor DPRD Sumbar, Rabu (27/12/2023).

Rapat paripurna dipimpin wakil ketua DPRD Sumbar Irsyad Safar didampingi wakil ketua Suwirpen Suib, Sekretaris DPRD Sumbar Raflis, Kabag Persidangan dan Perundang-undangan Zardi Syahrir, Kasubag Protokol dan Kehumasan Darul Idris serta anggota dewan yang hadir.

Sementara dari pihak Pemprov Sumbar dihadiri langsung oleh Gubernur Mahyeldi Ansharullah. Dalam sambutannya, Irsyad Safar menyampaikan, sesuai dengan agenda kegiatan DPRD Sumbar yang ditetapkan dalam Rapat Badan Musyawarah, dari tanggal 15 sampai 19  Desember 2023, seluruh Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat telah melaksanakan reses ke daerah pemilihan masing-masing.

“Jadwal pelaksanaan reses tersebut, bertepatan pula dengan masa kampanye Pemilu Legislatif Tahun 2024. Namun dapat kami pastikan, bahwa selama pelaksanaan reses tidak digunakan pula untuk kampanye Anggota dewan,” ungkap Irsyad.

Irsyad Safar tambahkan, sesuai dengan PP Nomor 12 tahun 2018, Anggota DPRD periode tahun 2019-2024 akan melaksanakan 1 (satu) kali reses lagi, yaitu pada masa persidangan kedua Tahun 2023/2024, sedangkan pada masa persidangan terakhir, tidak ada reses.

“Sebelum pelaksanaan reses yang terakhir tersebut, kita perlu melakukan evaluasi yang menyeluruh terhadap aspirasi masyarakat yang telah dihimpun dari selama pelaksanaan reses. Aspirasi masyarakat yang belum dapat kita tindaklanjuti, maka jadikan reses terakhir tersebut sebagai sarana untuk mengakomodirnya,” jelasnya.

Selanjutnya, kata Irsyad, hasil pelaksanaan Reses ini, telah dihimpun oleh Sekretariat DPRD Sumbar dan selanjutnya akan diserahkan secara resmi kepada Gubernur untuk dapat diakomodir menjadi bahan masukan dalam penyusunan RKPD dan Rencana Program dan Rencana Anggaran Pemerintah Daerah.

“Untuk itu, kami minta Gubernur untuk dapat menerima hasil pelaksanaan reses Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Masa Persidangan Pertama Tahun 2023,” kata Irsyad.

Sementara, Gubernur Sumbar Mahyeldi mengatakan, banyak yang dihasilkan oleh DPRD bersama Pemerintah Daerah selama Masa Persidangan Pertama Tahun 2023/2024 ini, baik itu pembentukan Perda, pembahasan anggaran dan pengawasan yang tentunya sangat bermanfaat dan sangat mendukung kelancaran penyelenggaraan pemerintahan daerah.

“Semoga ini dapat menjadi sarana evaluasi bagi kita bersama dan sekaligus sumber motivasi, agar kita dapat lebih meningkatkan kinerja kita di masa yang akan datang,” ujar Mahyeldi.

Disamping itu, kata gubernur, kita juga tetap berharap sinergi yang baik dari kita semua, karena kita ketahui bersama masih banyak agenda dan pekerjaan yang menanti dengan intensitas yang lumayan padat untuk  Masa Persidangan Kedua Tahun 2023/2024 yang akan datang. Apalagi masa persidangan kedua ini waktunya bersamaan dengan masa kampanye dan Pemilihan Umum Tahun 2024.

“Kami bersama jajaran Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Barat akan selalu mendukung, dan bersinergi dalam seluruh agenda kegiatan yang akan dilaksanakan oleh DPRD Provinsi Sumatera Barat, dengan harapan semoga agenda dan kegiatan selanjutnya tetap dapat berjalan dengan lancar dan sukses,” harap Mahyeldi.(ms/tn)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini