Kab. Sijunjung – padangtime.com  | Dosen Prodi Peternakan Ir. Maiyontoni,MP Ciptakan Model Kandang Kambing “HEBAT” yaitu Hemat Biaya dan Tempat, menghadirkan solusi jitu untuk beternak kambing yang inovatif dan revolusioner.
Model HEBAT menawarkan banyak keunggulan dengan instalasi pemisah fases dan
urine, gudang di bawah kandang, akses jalan di kanan kiri ruang kandang untuk memudahkan kontrol dan perawatan ternak, ventilasi memadai, akses pintu fleksible untuk memindahkan kambing, ruang terasuntuk istrahat, sehingga desain kandang ini menciptakan nyaman bagi ternak, meringankan kerja peternak dan ramah terhadap lingkungan.
Desain dan kontruksi kandang kambing “HEBAT” ini, bermanfaat untuk mendukung  peningkatan produktivitas dan efektivitas manajemen pemeliharaan ternak kambing.
Hasilnya, mampu meningkatkan penghasilan peternak kambing, memperbaiki kualitas kambing serta kandang bebasbau dan limbah. Semua limbah yang dihasilkan dapat menghasilkan uang dan menghemat biaya pemeliharaan. Model HEBAT sudah diuji coba dari tahun 2020 hingga saat ini dan terbukti berhasil di Nagari Palaluar Koto Kec. Koto VII Kab. Sijunjung.
Model yang diciptakan ini sedang dalam proses PATEN di Universitas Negeri Padang yang menjadi milik UNP. Departemen Agroindustri berada pada Fakultas MIPA dibawahpimpinan Dr. Yulkifli, S.Pd.,M.Si sebagai Dekan FMIPA dan Dr. Resti Fevria,S.TP.,MP sebagai Kepala Departemen.
Harapannya model ini dapat diterapkan secara meluas bagi peternak kambing secara regional dan nasional. Departemen yang baru diresmikan pada Agustus 2022 ini memilik 3 Program Studi yaitu :Peternakan, Agroteknologi dan Agribisnis.
Menurut Kaprodi Peternakan Rini Elisia,S.Pt.,MP kita akan membentuk tim dosen peneliti pada prodi Peternakan yang akan mengkaji lebih lanjut tentang percepatan pengembangan ternak kambing, sejalan dengan itu Kaprodi Agroteknologi Santi Diana Putri,S.Si.,M.Si juga menyatakan komitmen dosen Agroteknologi dalam pemanfaatan limbah kotoran ternak kambing untuk tanaman perkebunan dan hortikultura, begitu juga dengan Kaprodi Agribisnis Roni Jarlis,S.Si.,M.Pd dan tim dosen akan mengkaji tentang analisa ekonomi usaha ini untuk pengembangan model beternak kambing HEBAT.
Kolaborasi antara ke3 prodi penting dalam mencapai tujuan yang diinginkan baik dari segi produksi ternak, pengolahan limbah dan peningkatan ekonomi dengan beternak kambing HEBAT. (pt)
bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini