Dibuka Wapres RI, UNP Jadi Tuan Rumah Minangkabau Halal Festival 2023

0
2099
Padang TIME | Padang – Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia KH. Ma’ruf Amin membuka secara resmi  Minangkabau Halal Festival (MHF) 2023 di Auditorium Universitas Negeri Padang (UNP) Padang Sumatera Barat (Sumbar), Jumat (8/9/2020).
Wapres yang juga didampingi sang istri Hj.Wury Estu Handayani Ma’ruf Amin bersama Gubernur Sumbar H. Mahyeldi Ansharullah, Rektor UNP Prof. Ganefri, P.hD, dan Sekretaris Jendral (Sekjen) Masyarakat Ekonomi Syariah (MES)  Iggi H. Achsien tiba di audit UNP pukul 10.16 WIB.
Prof. Ganefri dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Wapres dan rombongan. Menurutnya suatu kebanggaan bagi keluarga besar UNP karena Wapres bisa datang ke kampus UNP di Padang.
“Atas nama keluarga besar Universitas Negeri Padang dan masyarakat ekonomi syariah Provinsi Sumatera Barat kami mengucapkan selamat datang di kampus bertagline ‘Alam Takambang Jadi Guru’. Suatu kebanggaan bagi kami bapak Wapres bisa datang di kampus kami,” katanya.
Sementara Sekjen MES menyebutkan bahwa event Minangkabau Halal Fetival ini merupakan festival halal pertama yang diselenggarakan di luar Pulau Jawa. Ia berharap acara ini bisa berjalan dengan sukses dan mampu memajukan industri halal di Indonesia.
Gubernur Sumbar Mahyeldi mengatakan bahwa acara ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Provinsi Sumbar untuk memajukan industri halal di Sumbar.
“Saya bertekad menjadikan Sumatera Barat provinsi halal di Indonesia. Provinsi yang terdepan dalam pengembangan ekonomi syariah di Indonesia,” ucapnya saat menyampaikan sambutan.
Wapres sendiri menilai sumbar memiliki potensi yang sangat besar di bidang industri halal, hal ini selaras dengan falsafah masyarakat Minangkabau ‘Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah’ serta ditopang oleh potensi wisata dan kulinernya.
“Selamat atas penyelenggaraan Minangkabau Halal Festival 2023.”
“Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, Minangkabau Halal Festival 2023 resmi saya buka,” Kata Wapres.
Turut hadir dalam acara itu Anggota DPD RI Leonardy Harmainy, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wakil Menteri BUMN, Pangdam Bukit Barisan dan Wakil Walikota Padang Elkos Albar.
Sebelumnya diketahui Minangkabau Halal Festival 2023 adalah event Festival Halal terbesar di Sumatera Barat yang diselenggarakan di UNP pada hari ini hingga Minggu (10/9/2023).
Festival ini menghadirkan 30 lebih jenis kegiatan, 14 industri halal, 140 booth dan 25 lebih bintang tamu. (pt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini