Dibuka Resmi Oleh Bupati Pasaman, MTQ Ke-4 Tahun 2023 disambut Meriah Ribuan Masyarakat Nagari Panti Selatan

0
897
Padang TIME  | Disambut meriah oleh ribuan masyarakat Nagari Panti Selatan, Bupati Pasman resmi secara membuka kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-4 Tahun 2023 Tingkat Nagari Panti Selatan di halaman SD Negeri 05 Petok Kecamatan Panti Kabupaten Pasman, Jum’at (25/08 /2023)
Kehadiran H. Benny Utama beserta rombongan di Nagari Panti Selatan menyambut sejumlah tokoh masyarakat dan Perangkat Nagari Panti Selatan serta seluruh masyarakat Nagari Panti Selatan.
Bupati H. Benny Utama mengatakan bahwa salah satu program pembangunan bidang agama adalah peningkatan pemahaman dan pengembangan nilai-nilai keagamaan di masyarakat, dan di antaranya adalah melalui kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an. 
Menurut Bupati MTQ merupakan pengembangan syiar Islam dan ikhtiar untuk mengagungkan kalam ilahi, untuk meneguhkan kesucian-Nya, memperkuat keimanan, dan memperluas fungsi edukatif kitab suci Al-Quran bagi umat Islam.
“MTQ harus terus digalakkan dalam setiap jenjang, baik Nasional, Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, bahkan Nagari untuk meninggikan Kalam Allah dan memupuk kecintaan umat terhadap Al-Quran,” ucapnya.
Pada kesempatan tersebut Bupati juga mengucapkan salam hormat kepada seluruh panitia atas peran sertanya dalam mensukseskan kegiatan MTQ.
Salam hormat saya kepada seluruh perangkat Nagari Ninik mamak Tokoh masyarakat dan lapisan masyarakat Nagari Panti Selatan atas peran sertanya untuk memeriahkan kegiatan MTQ yang hal ini tentu selaras dengan tema kegiatan kita yakni Wahana Pelestarian Khasanah Budaya Islam Dalam Membangun Qur’an dan Masyarakat Nagari Nan Madani ,” ujar Bupati.
Pada kesempatan tersebut Bupati juga menyampaikan pesan kepada para peserta MTQ agar tidak hanya mengejar kemenangan, tetapi lebih kepada upaya memupuk motivasi dan keinginan yang kuat untuk menguasai ilmu-ilmu keagamaan yang berkaitan dengan Al-Quran, dan kepada panitia untuk memberikan penilaian yang tujuan kepada para peserta.
Pembukaan MTQ tersebut juga dirangkai dengan pelantikan para dewan hakim 5 orang dari LPTQ Kabupaten Pasaman dan 16 orang dari LPTQ Kecamatan Panti yang dikukuhkan oleh Didi Al Amin Wali Nagari Panti Selatan.
Jumlah peserta sebanyak 368 orang yang terdiri dari jorong jorong se Nagari Panti Selatan, Jorong Petok Timur dan utusan kelompok wirid Yasin se Nagari Panti Selatan.
Cabang cabang yang dilombakan sebanyak 9 cabang yaitu, Cabang Tilawah, Cabang Tartil, Tahfiz, Khutbah dan Azan, MSQ, MCC, Bintang Qasidah, Qasidah Rebana kelompok Wirid Yasin, dan Tahfiz Kelompok Wirid Yasin.
Dalam kegiatan tersebut Bupati menyerahkan bantuan kepada panitia yang diterima Wali Nagari Panti Selatan sebesar tiga juta rupiah untuk kegiatan MTQ.
Selanjutnya diakhiri dengan Bupati melepas Pawai Ta’aruf MTQ ke 4 yang diikuti seluruh peserta dengan masing-masing cabang di support oleh drum band. (pt)
bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini