Desa Naras I Kota Pariaman dapatkan program KALAJU dari KKP RI

0
790

PadangTIME.com | Desa Naras I, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman, dapatkan program KALAJU (Kampung Nelayan Maju) dari KKP RI (Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia)

“Alhamdulillah, tahun ini Kota Pariaman mendapat alokasi program KALAJU dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, dan setelah melalui proses verifikasi yang ketat, tim KKP menetapkan lokasinya yaitu Desa Naras 1, Kecamatan Pariaman Utara,” ujar Kepala Dinas Pertanian Pangan Perikanan (DP3) Kota Pariaman, Dasril, ketika dihubungi oleh Tim Media Center Dinas Kominfo Kota Pariaman, Senin sore (3/10).

Dasril mengatakankan, untuk mendukung percepatan pembangunan KALAJU di Desa Naras I, pihaknya yang menangani hal ini, Bidang Perikanan dan Kelautan, DP3 Kota Pariaman, turun kelapangan, melakukan monitoring persiapan pembangunan KALAJU tersebut.

“KALAJU  merupakan salah satu terobosan program kerja KKP RI, yang digulirkan pada tahun 2021 lalu. Program KALAJU ini, dibiayai melalui dana APBN di KKP RI, untuk peningkatan kualitas lingkungan dan aksesibilitas nelayan dalam meningkatkan usahanya,” terangnya.

Lebih lanjut Dasril mengatakan, Program KALAJU ini, diberikan melalui Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap (DJPT) KKP RI, dalam upaya untuk mengubah kampung nelayan yang terkesan dengan kemiskinan, kumuh dan kotor, menjadi lebih maju dan tertata dengan baik, ucapnya.

“Melalui program KALAJU, kiranya dapat mewujudkan lingkungan yang bersih, sehat dan nyaman, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat, khususnya nelayan, dengan memberikan bantuan sarana dan prasarana penataan kampung nelayan, dengan memperbaiki fasilitas umum, penyediaan air bersih, pengolahan sampah dan pembenahan saluran air,” ungkapnya.

Secara umum, ia juga menuturkan, tujuan pengembangan Kampung Nelayan Maju adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat nelayan berbasis Blue Economy, sehingga keterlibatan semua fihak Perangkat Daerah dan Lembaga diperlukan dalam membangun dan mengembangkan Kampung Nelayan Maju, yang nantinya tidak hanya menjadi kampung tempat tinggal saja, namun bisa menjadi destinasi kunjungan wisata, berbasis perikanan tangkap, ulasnya.

“Pemerintah Kota Pariaman, senantiasa berkomitmen secara penuh dalam mendukung dan mewujudkan program-program pemerintah pusat, guna terciptanya suatu ekosistem keberlanjutan sumber daya kelautan dan perikanan yang ada di daerah kita. Ia berharap, dengan berjalannya program KALAJU ini, dapat memberikan manfaat, terutama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khusus nelayan yang ada di Desa Naras I ini,” tutupnya.

Pembangunan KALAJU di Desa Naras I ini, untuk peletakan batu pertamanya nanti, direncanakan akan dilakukan langsung oleh Wali Kota Pariaman, Genius Umar. (pt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini