Desa Cimparuah Wakili Kota Pariaman dalam Penilaian LPM Berprestasi Tingkat Sumbar 2021

0
1555
Padang TIME- Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Cimparuah mewakili Kota Pariaman dalam ajang Penilaian LPM Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Tahun 2021.
Kedatangan ketua Tim Penilai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Sumbar, Amasrul beserta rombongan ke Kantor Desa Cimparuah, Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman tersebut disambut oleh Walikota Pariaman yang diwakilkan oleh Kepala Dinas PMDes Kota Pariaman, Hendri didampingi Kepala Desa Cimparuah, Maifialdi dan Pengurus LPM Desa Cimparuah, Senin (8/11).
Kepala Dinas PMDes Kota Pariaman, Hendri dalam sambutannya mengatakan, bahwa LPM harus berperan aktif dalam pembangunan sebagai mitra Pemerintah dan pihak lainnya, supaya LPM nantinya mampu menggerakkan pembangunan di segala aspek kehidupan di tengah masyarakat.
“LPM juga harus bisa menjalankan fungsinya sebagai lembaga yang mampu mengangkat potensi-potensi desanya ,” sebut Hendri.
Sementara itu, Kadis PMDes Sumbar, Amasrul selaku Ketua Tim Penilai mengatakan, LPM itu harus mampu mengajak masyarakatnya secara bersama memajukan desa, menjadi desa mandiri.
 Masing-masing desa harus memberikan informasi  yang benar dan tidak dibuat-buat saat penilaian.
“Beberapa aspek yang menjadi penilaian ialah, aspek legalitas kelembagaan, aspek sarana dan prasarana kelembagaan, aspek peningkatan kapasitas dan aspek keterlibatan LPM dalam kegiatan nagari atau desanya ,” ujarnya.
Mantan Sekda Kota Padang ini juga menyampaikan, sebagai bentuk apresiasi LPM Berprestasi Tingkat Sumbar 2021 ini akan diikut sertakan dalam studi komperatif di tingkat nasional. (pt)
bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini