Departemen Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial UNP Menerima Kunjungan Kerjasama dari BUMN PT. KAI

0
2151
Kota Padang – padangtime.com | Bertempat di Ruang Diskusi Departemen Administrasi Publik FIS UNP, mereka menerima kunjungan kerjasama dari salah satu BUMN yang bergerak di Bidang Transportasi yaitu PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional II.
Kehadiran rombongan pengurus KAI yang dipimpin oleh Eko Tjahjono, Manajer Angkutan Barang PT KAI Divre II beserta jajarannya yaitu Arif Gusman, Andrey Muharram dan Azumardi Azra disambut langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial Afriva Khaidir. SH. M.Hum, MAPA, Ph.D didampingi Ketua Departemen Administrasi Publik (IAN), Dra. Fitri Eriyanti, M.Pd, Ph.D dan Kepala Lab IAN, Rahmadani Yusran, S.Sos, M.Si serta dosen penggagas kerjasama ini, Dr. Zikri Alhadi, S.IP, M.A.
Dekan FIS UNP dalam sambutannya menyampaikan bahwa UNP, khususnya Fakultas Ilmu Sosial sangat mendukung implementasi kerjasama antara Departemen IAN dengan PT. KAI dan nantinya diperluas  ke seluruh Departemen lain yang relevan di FIS UNP. Lebih lanjut Dekan FIS UNP menyampaikan bahwa secara sosial kemasyarakatan, sangat mendukung pengembangan transportasi kereta api, khususnya bagaimana merevitalisasi dan mereaktivasi jalur-jalur kereta api yang pernah ada dan berjaya di Sumatera Barat. Jika ini terwujud, akan sangat mendukung pengembangan ekonomi, sosial, budaya dan tentunya pariwisata di Sumatera Barat yang nantinya akan menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat.
Dekan FIS UNP, akan dukungan segi riset untuk studi kelayakan, serta dukungan pengembangan sistem layanan kereta api untuk memenuhi kebutuhan publik/masyarakat.
Hal ini didukung oleh Kepala Departemen IAN yang menyampaikan bahwa pihaknya berserta seluruh civitas akademika siap mewujudkan hal tersebut dengan berbagai aktivitas kerjasama yang nantinya dikelola oleh Kepala Lab IAN beserta tim yang siap memberikan dukungan agar implementasinya berjalan secara optimal.
Sementara itu, Eko Tjahjono, Manager Angkutan Barang PT KAI Divre II menyampaikan rencana kerjasama ini berawal dari keinginan untuk saling memberi manfaat antara PT. KAI dengan mitra khususnya UNP, yang mengelaborasikan antara dunia praktisi dengan akademisi. Apalagi PT. KAI berencana mendorong pengembangan transportasi kererta api di Sumatera Barat, termasuk untuk reaktivasi jalur-jalur yang selama ini sudah ada. Yang harapannya dapat berkontribusi untuk pengembangan mobilitas ekonomi dan sosial masyarakat. Untuk itu, butuh dukungan dari semua pihak termasuk dari kalangan kampus dengan kepakaran dan kajiannya yang membuat pengambil kebijakan mempunyai data yang kuat untuk mengimplementasikan rencana pengembangan tersebut.
Menindaklanjuti dari hasil pertemuan ini, Dr. Zikri Alhadi menyampaikan dalam waktu dekat akan merancang kerangka kerjasama yang lebih detail dan menjadi acuan dalam implementasinya. Poin-point kerjasama yang telah disampaikan untuk segera ditindaklanjuti di antaranya adalah kerjasama riset terapan kemitraan, magang mahasiswa kolaboratif dan terintegrasi, dosen praktisi, serta dukungan kajian kepakaran untuk pengembangan transportasi kereta api di Sumatera Barat dan sekitarnya. (pt)
bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini