Danlantamal II Padang Ketua TSR Provinsi Sumbar, kunjungi Mesjid Raya Pauh Kota Pariaman

0
404

PadangTIME.com – Komandan Lantamal (Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut) II Padang, Laksamana Pertama TNI Benny Febri, M.M., M.Tr, Ospal, Ketua Tim Safari Ramadhan (TSR) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), kunjungi Mesjid Raya Pauh, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sabtu (25/3/2023). Kunjungan Danlantamal II Padang sebagai Ketua Tim Safari Ramadhan Provinsi Sumbar ini merupakan kunjungan yang pertama untuk Kota Pariaman.

Rombongan TSR VIII Provinsi Sumbar ini, disambut langsung oleh Wali Kota Pariaman, Genius Umar, bersama Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kota Pariaman, dan jajaran Pemerintahan Kota Pariaman, tokoh masyarakat serta para jemaah Mesjid Raya Pauh yang hadir.

“TNI AL mempunyai sejarah yang panjang di Kota Pariaman, karena dulunya Pariaman merupakan Markas Besar Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) Sumatera Tengah. Tercatat dalam sejarah perjuangan ALRI pada masa kemerdekaan, kota Pariaman mempunyai peran yang sangat strategis, terutama saat Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) di Bukit Tinggi Sumatera Barat periode 1945 – 1949,” ujar Genius Umar.

Orang nomor satu di Kota Pariaman ini juga menceritakan bahwa Pariaman menjadi salah satu basis kekuatan perjuangan maritim rakyat Sumatera Barat yang tergabung dalam Tentara Rakyat Indonesia (TKR) Laut Sumatera Tengah, atau Resimen ALRI, yang menjadi cikal bakal ALRI Pangkalan Besar Pariaman.

“Pada Saat Agresi Belanda II, pertempuran hebat pasukan TNI AL melawan pasukan Belanda yang membonceng sekutu terjadi di Pariaman. Pertempuran itu menewaskan 40 prajurit TNI AL yang sebagian di antaranya dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Rawang Pariaman, karena itu diujung Muaro Pariaman, kita bangun Monumen TNI AL Kota Pariaman, untuk mengenang arwah pahlawan yang telah berjuang saat pertempuran tersebut,” tukasnya.

Genius  juga mengungkapkan Kota Pariaman telah mendapatkan Hibah Kapal Perang Teluk Bone, dari TNI AL, yang akan kita bawa ke Kota Pariaman, untuk dijadikan museum Perjuangan TNI AL, dan kita di Pemko Pariaman juga bekerjasama dengan Kementerian Pertahanan (Kemhan), untuk membawa Kapal Perang tersebut, yang insya allah, tahun ini akan kita realisasikan, sehingga dapat menjadi wisata pendidikan dan edukasi kepada wisatawan dan masyarakat, ulasnya.

“Semoga dibulan yang mulia ini, puasa yang akan kita jalankan satu bulan penuh, dapat kita selesaikan dengan baik, dan seluruh ibadah kita dalam upaya meningkatkan iman dan taqwa kita, hendaknya juga berjalan dengan baik, karena itu saya mengucapkan kepada kita semua, untuk  dapat memperbanyak amalan ibadah di bulan suci Ramadhan ini,” tutupnya

Sementara itu Danlantamal II Padang, Laksamana Pertama TNI Benny Febri, M.M., M.Tr, Ospal, dalam sambutanya mengatakan bahwa TSR Provinsi Sumbar, menurunkan 12 Tim yang akan mengunjungi setiap Kabupaten/Kota yang ada di Sumatera Barat selama bulan Ramadhan tahun ini, ucapnya.

Ia menjelaskan, kunjungannya ini bertujuan untuk melihat secara lansung kondisi masyarakat di daerah, sekaligus sebagai wadah untuk menampung berbagai masukan dan aspirasi dari masyarakat terkait jalannya program pembangunan Pemerintah Provinsi Sumbar selama ini.

“Kita berharap, sinergitas antara daerah yang ada di Provinsi Sumatera Barat ini, dapat berjalan harmonis dan mendukung satu dengan lainya, sehingga pembangunan yang kita harapkan bersama akan memberikan hasil yang positif, demi peningkatan kesejahteraan dan ekonomi masyarakat,” ulasnya mengakhiri.

Pada kesempatan ini, Danlantamal II Padang, Laksamana Pertama TNI Benny Febri, M.M., M.Tr, Ospal, selaku Ketua TSR VIII Provinsi Sumbar menyerahkan bantuan sebesar Rp 50 Juta rupiah kepada Ketua Mesjid Raya Pauh, Syafinal Akbar, yang didampingi oleh Wako Pariaman, Genius Umar dan Pengurus Mesjid Raya Pauh. (J)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini