Padang TIME  | Bupati Pesisir Selatan Sumatera Barat, Rusma Yul  Anwar pimpin upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional 2023 dan Hari Otonomi Daerah ke 27 di lapangan Gor H. Ilyas Yaqub Painan. Selasa (2/05).
Peringatan Hardiknas Tahun 2023 kita mengusung tema “Bergerak Bersama Semarakan Merdeka Belajar” yang memiliki makna mengajak kita semua agar senantiasa meningkatkan semangat untuk selalu bergerak.
Pada kesempatan itu, Bupati Rusma Yul Anwar menyampaikan Pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Risert dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim mengatakan, Merdeka Belajar yang sudah diluncurkan sebanyak 24 episode membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hajar Dewantara yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.
“Anak-anak kita sekarang bisa belajar lebih tenang karena aktivitas pembelajaran merdeka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri, para guru sekarang berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya platform merdeka belajar” papar Bupati.
Lanjutnya, guru – guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya Kurikulum Merdeka.
“Sejalan dengan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk Perguruan Tinggi, Negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar,” paparnya.
Pada jenjang perguruan Tinggi, para mahasiswa/i yang dulu hanya belajar teori di dalam kelas sekarang bisa melanglang buana mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus dengan hadirnya program-program Kampus Merdeka. Dan segi pendanaan, pencairan langsung dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) ke sekolah dan pemanfaatannya yang lebih fleksibel telah memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. 
Bupati melanjutkan dengan perluasan program beasiswa, kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi sekarang jauh lebih terbuka. Dukungan dana Pendanaan untuk mendanai riset juga telah melahirkan begitu banyak inovasi yang bermula dari kolaborasi. Selain itu, mekanisme Dana Indonesiana yang fleksibel dapat mewadahi gagasan-gagasan kreatif para seniman dan pelaku budaya sehingga mampu menghasilkan karya-karya hebat yang mendukung pemajuan kebudayaan.
“Perjalanan harus kita lanjutkan, perjuangan mesti kita teruskan, agar semua anak Bangsa merasakan kemerdekaan yang sebenar – benarnya dalam belajar dan bercita-cita,” harapnya
Oleh karena itu, mari kita semarakkan diri ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, mendidik Generasi Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan.
“Selamat Hari Pendidikan Nasional, mari kita bergerak bersama semarakan merdeka belajar,” tutupnya
Dilanjut dengan peringatan Hari Otonomi Daerah ke-27 bupati menjelaskan Hari Otonomi Daerah yaitu sebuah peristiwa sejarah tentang pelimpahan sebagian kewenangan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah guna melaksanakan urusan rumah tangga daerah dalam kerangka otonomi 
Seiring dengan terbitnya keputusan presiden nomor 11 tahun 1956 tentang hari atau daerah setiap tanggal 25 April seluruh jajaran pemerintah daerah diinstruksikan untuk melaksanakan upacara peringatan Hari otonomi daerah, peringatan ini dimaksudkan untuk memasyarakatkan dan sekaligus memantapkan pelaksanaan otonomi daerah di seluruh wilayah Indonesia.
“Sehubungan dengan hal tersebut, pada kesempatan yang baik ini saya menegaskan tentang pentingnya kembali memperkuat cita-cita pemerintah pusat untuk melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan di daerah sebagaimana kita ketahui bersama bahwa disertasi merupakan solusi atas kekecewaan sejumlah daerah terhadap sistem Pengelolaan pemerintahan di masa yang lalu,” Ungkapnya.
Otonomi daerah telah memberikan dampak positif. Dibuktikan dengan adanya percepatan pembangunan yang ditandai dengan meningkatnya angka indeks pembangunan manusia (IPM), bertambahnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan juga kemampuan fiskal daerah.  (PT)
bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini