Berjalan Lancar, 416 orang Maba FPK Ikuti PPKMB Kedua Tahun 2023

0
954
Padang TIME | Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK) Universitas Negeri Padang (UNP) melaksanakan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) selama dua hari, yaitu Kamis dan Jumat (18 dan 19 Agustus 2022).
PKKMB FPK merupakan keberlanjutan dari PKKMB tingkat UNP selama dua hari yang telah digelar sebelumnya.
Dekan FPK, Dr. Suryanef, M.Si dalam sambutannya pada Pembukaan PKKMB, mengajak semua mahasiswa baru untuk mensyukuri kesempatan mendapatkan layanan pendidikan tinggi, karena tidak semua orang mendapatkan kesempatan yang sama.
Dekan FPK juga menyatakan kepada mahasiswa baru, bahwa mereka saat ini berada dalam era yang sangat kompetitif serta “diwarnai” oleh disrupsi teknologi. Oleh karena mahasiswa harus mampu memiliki kompetensi yang dibutuhkan pada abad-21 ini.
Beberapa diantaranya adalah kemampuan berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi dan kemampuan lainnya. Hanya dengan cara demikian, maka mahasiswa akan mampu  survive dalam menatap pasar kerja serta mewujudkan masa depannya yang lebih baik.
Ia juga menyatakan bahwa pribadi yang akan survive di era ini, bukanlah yang kuat dan atau pintar, tetapi mereka yang mampu beradaptasi dengan perubahan. Oleh karena itu, katanya lagi, jadilah pemimpin perubahan, bukan pengikut atau penonton perubahan, apalagi sebagai penentang dari perubahan.
Wakil Dekan III, Dr. Mardianto, S.Ag., M.Si., dalam laporanya menyatakan bahwa PKKMB FPK diikuti oleh 416 orang mahasiswa baru, yang berasal dari Prodi Psikologi sejumlah 216 orang, Prodi S1-Keperawatan 63 orang, dan D-3 Keperawatan 137 orang.
Lebih lanjut melalui kegiatan PKKMB ini disampaikan beberapa materi untuk mahasiswa baru dalam menjalani aktifitasnya dalam dunia pendidikan tinggi. Beberapa diantaranya adalah: Tata Budaya, Tata Krama, Etika Keilmuan dan Pengenalan Kampus yang disampaikan oleh Wakil Dekan I, Dr. Farah Aulia, M.Psi., Psikolog.
Sementara itu terkait dengan Sarana dan Prasarana Pelayanan Akademik disampaikan oleh Wakil Dekan II, Ns. Maidawilis, S.Kep., M.Biomed.
Materi selanjutnya berkenaan dengan Kurikulum, Cara Belajar Efektif di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 dan Sistem Pembelajaran serta Perkenalan dengan
Pimpinan Departemen dan Dosen Prodi. Kegiatan ini digelar pada masing-masing departemen.
Tidak hanya itu, PKKMB juga memberikan ruang bagi pengurus Organisasi
Kemahasiswaan (Ormawa) FPK untuk melakukan pembinaan minat dan bakat
para mahasiswa baru.
Sebelum acara ditutup, tak lupa Dekan juga didaulat untuk memeriahkan
penutupan PKKMB dengan melantunkan dua lagu yang menjadikan suasana pecah, meriah, serta penuh keakraban. Apalagi semua peserta PKKMB diajak bernyanyi bersama oleh sang dekan, serta para dosen dan tenaga kependidikan FPK.
Sesuai jadwal yang diberikan, maka pukul 17.30 WIB berakhir sudah rangkaian kegiatan PKKMB di FPK.
Selanjutnya mahasiswa baru membawa kesan dan kenangannya masing-masing
saat pulang, dan menyatakan kesiapannya untuk menjalani perkuliahan perdana
pada tanggal 28 Agustus 2023 mendatang. (pt)
bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini