Begini tema Hardiknas 2019, MENGUATKAN PENDIDIKAN MEMAJUKAN KEBUDAYAAN

857

PadangTIME.com – Pati – Bertempat di halaman Parkir Stadion Joyokusumo Jl. Kolonel Sunandar No. 54 Pati Dandim 0718/Pati Letkol Arm Arief Darmawan S.Sos. menghadiri Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019 dengan tema ” MENGUATKAN PENDIDIKAN, MEMAJUKAN KEBUDAYAAN ”. Kamis 02/03/19.

Wakil Bupati Pati H. Saiful Arifin dalam sambutannya membacakan Amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, dalam momentum Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019 marilah kita bersama-sama bermunajat, memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Pemurah, atas limpahan rahmat dan karunia-Nya untuk kita dan seluruh rakyat Indonesia, sebagaimana kita ketahui, tanggal 2 Mei diambil dari hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara. Tokoh pahlawan nasional sekaligus Bapak Pendidikan Nasional.

Dalam Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 13 menyebutkan “ Tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab ”.
Tanggung jawab untuk selalu menjaga aset vital bangsa yang tak ternilai harganya, yaitu semangat kerukunan, persaudaraan, dan persatuan. Bapak dan ibu serta saudara sebangsa dan setanah air, terkait dengan itulah, tema Hari Pendidikan Nasional tahun 2019 adalah “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan.”
Penguatan karakter anak juga ditopang dengan hadirnya Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Kecintaan dan kebanggaan pada simbol-simbol negara itu harus terus ditanamkan agar mampu membentuk generasi yang kuat rasa nasionalismenya dan berjiwa patriot.
“ Melalui momentum hari pendidikan Nasional marilah kita konsentrasikan potensi pendidikan Nasional yang menitik beratkan pembangunan sumber daya manusia dilandasi karakter yang kuat, ketrampilan dan kecakapan yang tinggi,” Kata Safin.

Safin juga mengatakan pada tahun 2019 Bazsas Kabupaten Pati mendistribusikan bantuan pendidikan SMP /MTs Negeri dan Swasta Se eks Kawedanan Tayu dan kayen, SMA / SMK /MA Negeri dan Swasta Se Eks Kawedanan Juwana dan Jakeanan, Mahsiswa/ Mahasiswi Institut Pesantren Matholi’ul Falah (PMAFA) dan Sekolah Rp. 208.000.000,- (Dua ratus delapan juta rupiah) Rp. 90.000.000,- (Sembilan puluh juta rupiah) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI PATI) Rp. 20.000.000, – (Dua puluh juta rupiah) Total untuk bantuan pendidikan tahun 2019 sebesar Rp. 318.000.000,- ( Tiga ratus delapan belas juta rupiah )
“ Itu salah satu bentuk bahwa pemerintah dan Baznas pun ikut berperan aktif dalam mengembangkan pendidikan di Pati pada khususnya,” Imbuhnya. (pendimpati)

Balang

LEAVE A REPLY