Bangkitkan UMKM di Sumbar, Ketua DPRD Sumbar Resmikan Sentra Oleh-Oleh dan kerajinan minang Uda Sayang Payakumbuh

0
1688
Kota Payakumbuh – padangtime.com |-Ketangguhan para Usaha Micro Kecil Menengah (UMKM) telah teruji, di Sumatera Barat ada lebih 5000 UMKM disini. Oleh karena itu Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menyambut baik kehadiran sentra oleh-oleh dan kerajinan minang “Uda Sayang” Bersama 100 UMKM Unggulan Sumatera Barat, semoga ini akan menjadi inspirasi bagi perkembangan ketangguhan, kemajuan UMKM Sumatera Barat terutama di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluhkota.
Hal ini disampaikan Ketua DPRD Sumatera Barat Supardi,SH pada saat menyampaikan sambutan acara Sosialisasi dan Perkenalan Sentra Oleh-Oleh dan Kerajinan Minang Uda Sayang, Kota Payakumbuh, Minggu (4/2/2024).

Ketua DPRD Sumbar ini juga menyampaikan, tantangan dunia saat ini adalah krisis pangan yang sangat mempengaruhi keamanan dan stabilitas setiap negara di dunia.

“Karena ini persoalan pembangunan sektor pertanian, khususnya produktivitas pangan, harus menjadi perhatian besar setiap pemerintah kabupaten/kota se-Sumbar,” harapnya.

Supardi juga menyampaikan dengan dibukanya usaha Uda Sayang ini diharapkan menjadi bisnis yang besar, kebanggaan Kota Payakumbuh dan Limapuluh Kota mampu berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan kawasan wisata di Sumbar.

“Kami menyadari potensi tanaman pangan, peternakan, dan perikanan darat sangat besar di Kota Payakumbuh dan Kota Limapukuh. Oleh karena itu, inovasi sajian pangan daerah perlu menjadi mahakarya kuliner, cita rasa baru yang khas dan menarik tanpa menghilangkan kuliner daerah. identitasnya,” katanya.
Supardi mengatakan Pemprov Sumbar terus mendorong pengembangan UMKM sebagai benteng perekonomian daerah.

“Kepada UMKM terus berbenah diri dengan baik dan selalu meningkatkan kualitas, kapasitas dan cara proses produksi hingga standar ekspor, agar dapat diterima pasar global,” ujarnya.

Owner sentra oleh-oleh Uda Sayang, Ana juga mengatakan sosialisasi dan perkenalan saat ini dihadiri lebih dari 75 usaha UMKM unggulan yang pada mula baru 50 UMKM, dan kita menargetkan kerjasama sinergitas ini akan melibatkan lebih dari 100 UMKM unggulan Sumatera Barat.
“Kita amat berkeyakinan usaha sentra oleh-oleh Uda Sayang memiliki tempat yang sangat strategis, dari Bukittinggi – Pekanbaru – Batam – Malaysia. Kita juga akan membangun sinergi dengan OPD terkait dan pemerintah daerah, kabupaten dan kota dijalur ini,” ungkapnya.
Ana juga menyampaikan, sinergi kerjasama sentra oleh-oleh khas daerah ini akan menjadi pusat usaha ekspor impor pada saatnya.
“Sentra Oleh-Oleh Uda Sayang selain makanan oleh-oleh juga akan menyediakan produk cendramata, baju kaos promosi wisata daerah dan lain-lain sebagainya. Sentra oleh-oleh dan kerajinan minang Uda Sayang hadir di Kota Payakumbuh ini untuk semua komoditi unggulan oleh-oleh daerah se Sumatera Barat,” ujarnya bersemangat. (pt)
bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini