Peringatan Hari Jadi Kabupaten Pesisir Selatan Ke-76 Berlangsung Khidmat

0
1925

Pesisir Selatan – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pesisir Selatan menggelar Rapat Paripurina Istimewa dalam rangka peringatan Hari Jadi Kabupaten ke-76 Tahun 2024 di gedung Painan Convention Center (PCC), Senin (22/4). Rapat paripurna istimewa tersebut  belangsung khidmat.

Rapat yang dipimpin Ketua DPRD, Ermizen itu dihadiri Gubernur Sumatera Barat diwakili Staf Ahli Bidang Pembangunan,  Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Maswar Dedi.

Selanjutnya, hadir Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, anggota DPRD, Forkopimda, bupati/walikota se Sumbar, kepala perangkat daerah, pimpinan BUMN/BUMD, tokoh masyarakat, camat, walinagari, Ormas, perantau dan undangan lainnya.

Ketua DPRD Pesisir Selatan, Ermizen mengatakan, peringatan Hari Jadi Kabupaten ke-76 ini jatuh pada tanggal 15 April, namun karena bertepatan dengan libur lebaran dan cuti bersama, maka peringatannya diundur tanggal 22 April 2024.

Dikatakan, hari jadi kabupaten merupakan hari bersejarah bersatunya masyarakat dari utara dan selatan. Hal ini bukan hanya  sebatas eforia atau seremonial belaka,  akan tetapi menjadi momen evaluasi terhadap kebijakan-kebijakan dan menumbuhkan kecintaan daerah.

Peringatan hari jadi kabupaten juga hendaknya menjadi momen penting untuk lebih bekerja keras dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat ke depan. “Kita berharap Kabupaten Pesisir Selatan bisa sejajar dengan dengan kabupaten lainnya di Sumatera Barat,” ucapnya.

Disebutkan, Kabupaten Pesisir Selatan baru saja dilanda bencana alam banjir dan tanah longsor. Bencana itu mengakibatkan 29 korban meninggal dunia, kerusakan infrastruktur seperti jalan, jembatan, rumah ibadah, sekolah, fasilitas kesehatan, jaringan air bersih, irigasi, rumah dan lainnya.

Kerugian materi akibat bencana alam itu sangat besar yakni  Rp 1 Triliun lebih . “Atas nama pemerintah daerah kami mengucapkan terima kasih kepada  semua pihak yang telah menunjukkan kepedulian terhadap bencana alam yang melanda Kabupaten Pesisir Selatan beberapa waktu lalu,” katanya.

Ia mengingatkan kepada semua pihak agar bencana ini dijadikan sebagai pelajaran berharga, untuk berbenah diri ke depan dan menjaga kelestarian lingkungan dan alam.

Dikatakan, Kabupaten Pesisir Selatan memiliki sumber daya alam yang cukup besar di sektor pertanian, perikanan, kelautan, perkebunan, pariwisata dan lainnya. Oleh karena iti, manfaatkan sumber daya alam itu untuk kesejahteraan masyarakat.

Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar dalam pidatonya mengatakan bahwa peringatan hari jadi kabupaten ke 76 ini bukan hanya sebatas seremonial semata. Akan tetapi lebih memaknai kepedulian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih, transparan, akuntabel, meningkatkan pelayanan pendidikan, kesehatan dan pelayanan publik lainnya.

Menurut bupati, hari jadi kabupaten juga diharapkan sebagai momentum untuk membangun semangat dan kecintaan terhadap daerah dan rasa tanggung jawab mewujudkan kesejahteraan masyarakat serta kemajuan daerah ke depan.

Dikatakan, masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan beberapa waktu lalu diuji oleh Allah SWT dengan bencana banjir dan tanah longsor. Bencana itu menelan korban jiwa dan kerusakan infrastruktur yang cukup besar.

Dalam hal ini, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan melakukan langkah penanganan seperti menyalurkan bantuan sembako kepada masyarakat yang ditimpa bencana alam, dan bantuan pokok lainnya. Kemudian melakukan pemulihan  infrastruktur publik yang rusak akibat banjir dan tanah longsor.

Bupati mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan juga tetap fokus membangun bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, ekonomi,  keagamaan dan sosial budaya. Pembangunan infrastruktur diprioritaskan pada kampung-kampung terpencil. Lalu berupaya menurunkan angka kemiskinan ekstrim, pengembangan Pelabuhan Panasahan Painan dan lainnya.

Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan, Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Maswar Dedi dalam sambutannya mengatakan, 76 tahun merupakan usia yang sangat matang. (pt)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini