AYO MEMBACA !!

BERITA TERBARU

Wako Pariaman Launching Aplikasi SIPGAR

Padang TIME | Wali Kota Pariaman Genius Umar melaunching aplikasi tes kebugaran melalui Sistem Informasi Pengukuran Kebugaran (SIPGAR) di Panggung Utama Pantai Gandoriah Kota Pariaman, Sabtu (20/5).
Dalam sambutannya, Wako Genius Umar mengapresiasi kegiatan ini dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan launching aplikasi SIPGAR dengan berbagai kegiatan lainnya.
“Aplikasi tes kebugaran SIPGAR merupakan inovasi yang dibuat langsung Kementerian Kesehatan dan hari ini disosialisasikan bersama masyarakat Kota Pariaman oleh Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) dan Persatuan Olahraga Pernafasan Indonesia (PORPI). Kami sangat mendukung penuh atas sosialisasi ini sehingga kita sendiri mampu mengetahui sebugar apakah diri kita setelah berolahraga, “ ungkap Wako Pariaman Genius Umar.
Tidak hanya tes kebugaran melalui aplikasi SIPGAR, berbagai macam hadiah pun dibagikan usai masyarakat melakukan tes kesehatan. Tes ini dilakukan setelah masyarakat melakukan jalan bersama dengan jarak tempuh yang telah ditentukan oleh aplikasi. Sosialisasi SIPGAR dimulai dengan senam bersama PORPI. Turut hadir pada kegiatan ini Ketua TP PKK Kota Pariaman Ny.Lucy Genius dan Ketua DWP Kota Pariaman Ny.Yosneli Balad.
“Aplikasi ini sangat mudah digunakan karena hanya dengan mengunduhnya di Playstore, kita sudah bisa mengakses aplikasi dan melakukan tes kebugaran jasmani dan melakukan pencatatan pemeriksaan kondisi fisik secara mandiri dalam kurun waktu tertentu. Mudah Bukan, untuk itu kita ajak seluruh masyarakat Kota pariaman agar bersama menggunakan aplikasi ini karena sehat dan bugar dimulai dari kita dan jangan sampai terlambat, “ ujarnya.
Sementara itu Ketua Umum DPN PORPI Nasional Perdanigrum Yuniarti saat memberikan sambutan mengucapkan terima kasih kepada Pemko Pariaman dan seluruh masyarakat Kota Pariaman yang telah mendukung kegiatan ini sehingga kegiatan ini berjalan lancar dan sukses.
“Ini pertama kalinya kita melakukan tes kebugaran melalui aplikasi SIPGAR dipinggir pantai dan masyarakat Kota Pariaman sangat luar biasa dan antusias dalam hal ini. Saya mewakili Kementerian Kesehatan dalam hal ini mengucapkan terima kasih kepada Pemko Pariaman dan seluruh masyarakat Kota Pariaman, “ ungkapnya.
SIPGAR merupakan aplikasi yang dibuat oleh Kementerian Kesehatan untuk melakukan pencatatan pemeriksaan kondisi fisik seseorang yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu dengan menggunakan metode rockport atau jalan/jogging sejauh 1,6 Kilometer.
“Berolahraga itu harus benar agar tidak timbul cedera, jadi harus ada pemanasan, latihan inti dan tentunya pendinginan. Yang ketiga adalah terukur, oleh karena ini pemerintah melalui Kemenkes mempunyai aplikasi yang namanya SIPGAR yang untuk mengukur seberapa jauh kemampuan, kondisi dan kapasitas paru-paru dan oksigen kita. Dan yang terakhir olahraga itu harus teratur, paling tidak 2-3 kali seminggu. Dilakukan selama 20-30 menit secara teratur. Jadi kita PORPI, KORMI, punya kegiatan Indonesia Bugar 2045 jadi target kita dari KORMI sebetulnya menyehatkan masyarakat Indonesia ” tuturnya. (pt)