Info Terbaru

TIM PKM Universitas Andalas bantu usaha mitra UMKM GARURI Agar Tumbuh dan Berkemang jadi Maju

oleh:  Dr. Benni Satria, MP

          Tim  Program Pengabdian Masyarakat Unand

PadangTIME.com – Program Pengabdian masyarakat yang oleh Tim  Program Pengabdian Masyarakat (PKM) Universitas Andalas yang diketuai oleh Dr. Benni Satria, MP bersama anggota tim melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) membantu usaha mitra UMKM GARURI tumbuh dan berkembang melaksanakan serangkaian kegiatan pelatihan Akhir Agustus sampai dengan November  2022 dan kegiatan promosi produk   dilaksanakan  akhir November 2022 yang diselenggarakan dalam acara Bazar Agrofestival  Himagrota Departemen Agronomi Fakultas Pertanian Unand.  Acara Bazar diselenggarakan sejak hari Senin – Selasa tanggal 28 – 29 November  2022.

Adapun tujuan promosi kreatif bisnis minuman  melalui bazar dan mass media adalah untuk menarik perhatian pembeli, branding, bersaing dengan kompetitor dan meningkatkan keuntungan dan Mendapatkan Calon Pelanggan Baru dan Menyebarkan Informasi.

Bisnis minuman adalah salah satu “ladang basah” dalam dunia bisnis kuliner, apalagi bisnis minuman kekinian. Sama seperti makanan, setiap orang tentu membutuhkan minuman untuk mengimbangi makanan yang disantap. Atau pula minuman juga seringkali dijadikan sebagai teman pelepas dahaga saat cuaca sedang panas-panasnya.

Saat ini anak muda dari kalangan Gen Z pun telah banyak yang mulai berkecimpung di dunia bisnis minuman kekinian. Salah satu produk yang sedang booming dijajakan oleh anak-anak muda Indonesia adalah minuman es kopi maupun es kopi susu. Salah satu minuman yang memiliki peluang usaha untuk dikembangkan kedepan adalah teh herbal Gaharu,  mengingat banyak khasiat yang terkandung dalam teh herbal tersebut seperti meningkatkan stamina, imunitas tubuh, menunda penuan, mengontrol kadar gula dan lain-lain.  Promosi yang menarik dapat membuat suatu produk memperoleh atensi bagus dari pasar. Oleh karena itu, melalui bazar dan  mass media dapat meningkatkan penjualan.

Pada acara bazar tersebut banyak pengunjung yang datang ke stand UMKM Garuri mencicipi minuman teh herbal gaharu berbagai rasa (rasa lemon, melati, sungkai dan strawbery).  Disamping itu pengunjung juga banyak bertanya tentang khasiat dan bagaimana cara mendapatkan teh herbal tersebut dan staf UMKM Garuri bersama Tim PKM Garuri menjelaskan kepada pengunjung. UMKM Garuri melalui pendampingan yang dilakukan oleh Tim PKM Unand dan fasilitasi oleh LPPM Unand kedepan akan dapat menjadi UMKM Garuri yang mandiri dan berkembang.

-

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer