AYO MEMBACA !!

BERITA TERBARU

Setelah Perbaikan Pipa Selesai, Perumda Air Minum Kota Padang Akan Lakukan Proses Normalisasi

Kota Padang, padangtime.com (15 Maret 2024)
Setiap ada pekerjaan perbaikan pipa, Perumda Air Minun Kota Padang
selalu mengupayakan proses pekerjaan dilakukan dalam waktu cepat
1×24 jam, tergantung ukuran pipa, letak serta jenis pipa. 

Namun, proses mengalirnya kembali air ke rumah pelanggan, ada mekanisme yang harus dilakukan.


Target penyelesaian pekerjaan perbaikan pipa selalu dilakukan dengan cepat, dan itu adalah proses penyelesaian pekerjaan dilapangan. Begitu pekerjaan selesai, airpun tidak serta merta langsung sampai saat itu juga ke rumah-rumah pelanggan, namun masih ada proses normalisasi yaitu tahapan proses kembalinya air.

Proses Normalisasi ini penting dilakukan, karena selama pekerjaan perbaikan pipa berlangsung, pipa yang terbuka akan diisi oleh angin, dan untuk kembali lancarnya udara mengalir, maka harus dilakukan normalisasi dengan membuka pentil angin yang ada disetiap rangkaian pipa, agar angin dapat keluar dan udara mengalir dengan lancar. Jika hal ini tidak dilakukan, maka aliran udara akan terhambat oleh angin yang terjebak dalam pipa.

Sangat berbeda dengan proses aliran listrik. Jika perbaikan telah selesai dipusatnya dan daya listrik dialirkan, rumah pelanggan akan langsung menyala. Namun pada aliran udara, tergantung dari waktu, jarak, tinggi, rendah serta jauh dan jarak rumah pelanggan.

Kontur Kota Padang sendiri jalurnya tidaklah horizontal, namun ada beberapa titik elevasi yang berbeda disetiap area pelayanan. Tahapan normalisasi udara ini perlu dijelaskan karena prosesnya sangatlah berbeda dengan aliran listrik. Apalagi jika rumah pelanggan berada pada daerah ketinggian serta jauh dari Instalasi Pengolahan Air Minum (IPA), tentu dapat memakan waktu hingga air kembali sampai ke rumah pelanggan.

Kami mohon kepada pelanggan, setelah pekerjaan perbaikan selesai, diharapkan untuk bersabar terlebih dahulu menanti proses kembalinya air ke rumah pelanggan. Sekali lagi, air itu mengalir mengikuti kontur kawasan perumahan pelanggan. Jadi mohon bersabar, dan selalu sediakan cadangan udara untuk antisipasi jika terjadi gangguan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. (pt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini