Info Terbaru

Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas Lakukan pemeriksaan gigi untuk anak usia dini

Padang TIME.com –  Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas (RSGM UNAND) menggelar kegiatan pemeriksaan gigi untuk anak usia dini. Kegiatan ini diketuai oleh drg. Reno Wiska Wulandari, M.Biomed. Kegiatan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya karies gigi pada anak-anak dengan memberikan pemeriksaan gigi secara gratis serta edukasi mengenai cara menjaga kesehatan gigi dan mulut. Acara tersebut diadakan di RSGM
UNAND dan dihadiri oleh anak-anak dari TK DEK Padang. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh Prof. Dr. drg. Nila Kasuma, M.Biomed selaku Dekan FKG UNAND dan dilanjukan dengan sambutan langsung oleh Direktur RSGM UNAND, drg Hafindo Nismal, Sp. BM yang sangat mendukung kegiatan ini.

“Pemeriksaan kesehatan gigi pada anak usia dini seperti dalam kegiatan ini dapat mendukung kesehatan gigi
anak” ujarnya. Hal ini diterima baik oleh Kepala TK DEK, Ibu Yayuk Rahayu, M.Pd. Pemeriksaan gigi anak-anak dilakukan oleh dokter gigi berpengalaman yang memberikan pemeriksaan menyeluruh serta penjelasan mengenai kondisi kesehatan gigi anak kepada para orang tua. Anak-anak yang hadir tampak antusias. Pemeriksaan ini mencakup pengecekan gigi berlubang, kebersihan gigi, serta adanya tanda-tanda awal kerusakan gigi yang perlu ditangani segera.

Selain pemeriksaan gigi, kegiatan ini juga diisi dengan sesi edukasi yang dirancang untuk menarik perhatian anak-anak. Petugas kesehatan memberikan penjelasan tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut sejak dini. Anak-anak diajarkan cara menyikat gigi yang benar, penggunaan benang gigi, serta pentingnya mengurangi konsumsi makanan manis yang dapat menyebabkan kerusakan gigi. Edukasi ini dikemas dalam bentuk cerita dan permainan sehingga mudah dipahami oleh anak-anak.

Salah satu ibu yang hadir dalam kegiatan ini, menyampaikan rasa terima kasihnya atas penyelenggaraan acara ini. “Kegiatan ini sangat bermanfaat. Anak saya jadi lebih bersemangat menyikat gigi setelah mendapat penjelasan dari dokter. Saya juga jadi tahu lebih banyak tentang cara merawat giginya dengan benar,” ujarnya. Ibu tersebut juga menambahkan bahwa kegiatan seperti ini sangat membantu para orang tua dalam memahami pentingnya pemeriksaan gigi rutin. “Dengan adanya pemeriksaan ini, kami jadi lebih sadar pentingnya menjaga kesehatan gigi anak sejak dini. Kami juga diberi informasi yang berguna tentang bagaimana cara mencegah karies dan masalah gigi lainnya,” tambahnya.

Kegiatan pemeriksaan gigi dan edukasi ini mendapat respons positif. Banyak orang tua merasa terbantu dengan adanya pemeriksaan ini dan mendapatkan pengetahuan baru tentang cara merawat gigi anak mereka. Beberapa orang tua juga mengungkapkan keinginan untuk mengadakan kegiatan serupa secara berkala di sekolah-sekolah anak mereka agar edukasi kesehatan gigi bisa lebih merata.

Selain pemeriksaan dan edukasi, RSGM UNAND juga memberikan alat kebersihan gigi gratis seperti sikat gigi dan pasta gigi kepada anak-anak yang hadir. Hal ini diharapkan dapat mendorong kebiasaan baik dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut di rumah. Dengan dukungan dari berbagai pihak, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam menciptakan kesadaran akan pentingnya kesehatan gigi dan mulut di kalangan masyarakat luas.

Dengan adanya kegiatan seperti ini, RSGM UNAND berharap dapat terus berkontribusi dalam meningkatkan kesehatan gigi dan mulut masyarakat, terutama anak-anak, serta menciptakan generasi yang lebih sehat di masa depan. RSGM UNAND berkomitmen untuk melanjutkan program ini sebagai bagian dari upaya preventif dalam bidang kesehatan gigi dan mulut di Kota Padang dan sekitarnya. (dl)

 

 

-

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer