Potensi Pemuda Pesisir Selatan Untuk Memajukan Nagari Harus ditingkatkan

0
1055

Padang TIME .com –  Wawasan pemuda dalam mengembangkan potensi yang ada di nagari perlu lebih ditingkatkan lagi potensinya secara maksimal. Hal  ini dilakukan  agar pemuda sebagai generasi milenial memiliki andil, serta potensi yang besar dalam mengisi pembangunan di daerah, termasuk juga di kabupaten Pesisir Selatan (Pessel). Hal itu disampaikan Anggota Komisi IV DPRD Pessel, Yusli Mardan, Selasa (5/12).

“Karena besarnya potensi pemuda sebagai generasi milenial dalam melaksanakan pembangunan secara nasional, maka kapasitasnya perlu terus ditingkatkan di daerah. Dari itu kepada Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pessel, saya minta agar mengoptimalkan kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan kapasitas ini mulai dari tingkat nagari,” ujarnya.

Dia menambahkan bahwa tujuan dari peningkatan kapasitas itu adalah untuk meningkatkan wawasan nasional kepemudaan, membangun karakter pemuda, meningkatkan kekuatan, serta pengembangan potensi pemuda untuk membangun nagari, bangsa dan negara.

Melalui peningkatan kapasitas itu yang terpenting output yang akan dihasilkan adalah meningkatnya wawasan dan pengembangan pemuda secara nasional. “Termasuk juga adanya wawasan baru penyusunan dan pelaksanaan program kepemudaan serta menguatkan etos kerja di masa mendatang,” ucapnya.

Sebagai mana diketahui, pemuda merupakan harapan bangsa, dan pemuda juga pemilik masa depan bangsa. “Oleh karena itu, pemuda harus dibina dan sebagainya. Kemudian memperlihatkan betapa saratnya nilai yang telah terlekat pada kata pemuda tersebut,” ucapnya. Hal itu telah umum disadari bahwa peran dari pemuda dinilai sangat vital bagi pembangunan bangsa. Bahkan, permasalahan sosial pada remaja menjadi suatu hal yang masih harus selalu diperhatikan dan ditinjau akan perkembangan kepribadian para pemuda tersebut oleh pemerintah.

Dijelaskan bahwa pemuda memiliki peran penting dalam proses pembangunan negara, dan akan menjadi estafet kepemimpinan dalam memajukan bangsa dan negara di masa mendatang.

“Beranjak dari semua itu, maka peningkatan kapasitas pemuda perlu dilakukan. Karena melalui peningkatan kapasitas itu mereka bisa mengaktualisasikan diri dalam menghadapi kehidupan di masa datang serta juga tangguh dalam menghadapi masa depan,” tutup Yusli. (pt)

bebi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini