AYO MEMBACA !!

BERITA TERBARU

Peringatan HLUN 2024 Sumbar, Gubernur : Indonesia Emas Membutuhkan Nasihat Dan Pengalaman Dari Warga Lansia

PADANGTIME.COM | Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah menilai untuk mewujudkan visi Indonesia Emas Tahun 2024, sangat diperlukan nasihat, masukan, serta peran serta warga lanjut usia (lansia) yang telah kenyang akan pengalaman hidup.

Hal itu disampaikan Gubernur saat menghadiri acara Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-28 tingkat Sumbar di Youth Centre Padang, Kamis (30/05/2024).

“Keahlian dan pengalaman dari warga lansia telah teruji. Warga lansia memiliki pengalaman hidup yang banyak dalam mengatasi berbagai persoalan, memiliki keahlian dan wawasan yang luas. Oleh karena itu perannya sangat penting bagi kita untuk mencapai visi Indonesia Emas 2045,” kata Gubernur dalam sambutannya.

Menurut Gubernur, generasi muda saat ini yang akan menjadi tokoh utama pada tahun 2045 harus memperkuat kapasitas diri, salah satunya dengan menimba ilmu dan pengalaman dari warga lansia.

Pemprov Sumbar terus memberikan perhatian pada lansia sesuai kewenangannya, termasuk melalui berbagai program yang dijalankan oleh Dinas Sosial.

“Kalau ada warga lansia yang terlantar, silahkan laporkan. Kita akan bantu karena fasilitasnya tersedia,” kata Gubernur yang dalam seremoni itu juga memberikan penghargaan kepada empat lansia yaitu, Ketua Pengurus LLI Sumbar, Ali Asmar; Meliarni Rusli, Yulintidar Syafeei, dan
Syamsul Bahri.

Terkait peringatan HLUN ke-28 tahun 2024, Gubernur mengimbau seluruh ASN di Pemprov Sumbar untuk senantiasa membahagiakan orang tua masing-masing, dengan sering bertemu muka dan mengunggah foto bersama orang tua di grup perpesanan OPD.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Pj Wali Kota Padang, Andree Algamar menyebutkan bahwa di berbagai negara, peran lansia masih sangat vital. Ia mencontohkan Amerika Serikat saat ini dipimpin oleh Presiden yang berusia 91 tahun. Selain itu, Mahathir Mohamad yang dalam usia tuanya kembali dipercaya sebagai Perdana Menteri Malaysia.

“Ini membuktikan lansia itu hanya sekadar angka, tapi untuk perannya bagi negara tetap dibutuhkan,”katanya

Dalam kesempatan itu, Ketua Pengurus Lembaga Lanjut Usia (LLI) Sumbar, Ali Asmar mengatakan, tema HLUN 2024 adalah “Lansia Sehat dan Berdaya untuk Indonesia Emas”. “Untuk memperingatinya kita di Sumbar menggelar berbagai kegiatan hingga 15 Juni 2024,” katanya. (adpsb/bsn)