AYO MEMBACA !!

BERITA TERBARU

Pembenahan Pencatatan Laporan Keuangan Sanggar Rangkiang Salayo dengan Pelatihan dan Pedampingan dari Tim Pengabdian Universitas Andalas

Oleh: Verni Juita SE., M.Com (Adv) AK

PadangTIME.com – Sanggar Rangkiang Salayo terus berbenah tidak hanya dalam hal inovasi produk namun juga dalam hal administrasi dan pembukuan. Mereka menyadari bahwa setiap aktivitas yang mereka lakukan harus disertai dengan evaluasi dan perencanaan keuangan yang baik. Untuk mendukung hal tersebut maka dibutuhkan berbagai informasi kinerja dan pengeluaran biaya yang selama ini telah dikeluarkan. Hal tersebut kemudian menjadi salah satu program pelatihan pada tahun ketiga dari Tim Pengabdian Masyarakat yang diketuai oleh ibu Verni Juita SE., M. Com (Adv) AK untuk penyiapan kemandirian usaha sanggar rangkiang. Pelatihan ini dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 21 November 2022 bertempat di kantor Sanggar Rangkiang. Dalam pelatihan tersebut ibu Verni Juita di dampingi oleh ibu Fitriyeni Oktavia SE., M.AK memberikan pelatihan dan pemahaman mengenai pentingnya pencatatan dan pelaporan keuangan bagi sanggar Rangkiang, yang kemudian dilanjutkan dengan penjabaran teknis terkait langkah-langkah yang harus dilakukan dalam pencatatan dan pelaporan keuangan ini.

Pada sesi awal, dijelaskan beberapa urgensi dan manfaat dari pencatatan dan pelaporan keuangan bagi sanggar Rangkiang yaitu (1) Menjadi dasar evaluasi dari aktivitas berupa pemasukan dan pengeluaran dari periode yang telah berlalu (2) Hasil analisa pada poin 1 dapat menjadi pertimbangan untuk merencanakan pemasukan dan pengeluaran pada periode berikutnya (3) Catatan yang ada dapat digunakan sebagai alat pelaporan yang transparan bagi seluruh sanggar Rangkiang terkait pemasukan dan pengeluaran yang telah terjadi (4) Pencatatan dan pelaporan keuangan yang rapi dapat membantu memberi bukti kinerja keuangan sanggar Rangkiang bagi pihak luar yang membutuhkan informasi tersebut misalnya investor maupun institusi lain yang ingin memberikan bantuan pendanaan. Berdasarkan seluruh alasan diatas, maka pencatatan dan pelaporan keuangan di sanggar rangkiang penting untuk dilakukan.

Pada sesi kedua, ibu Fitriyeni Oktavia melanjutkan dengan bahasan tekhnis menggunakan program pencatatan keuangan sederhana pada aplikasi Microsoft Excel. Langkah-langkah pencatatan diuraikan secara bertahap disertai contoh lansung dari transaksi sanggar rangkiang yang terdiri dari pengeluaran dan pemasukan yang selama ini telah dicatat. Dimulai dari Daftar Akun yang disesuaikan dengan jenis akun sanggar Rangkiang, dilanjutkan dengan cara pencatatan pada jurnal yang otomatis angkanya akan diposting pada buku besar. Selain itu pada aplikasi pencatatan melalui excel ini juga dilengkapi dengan fitur pembuatan neraca saldo, neraca lajur dan pembuatan laporan keuangan dasar.

Semangat anggota Rangkiang dalam belajar terlihat pada seluruh sesi. Seluruh peserta mengikuti dengan serius dan mengajukan pertanyaan mengenai beberapa hal yang mereka masih belum mengerti. Dalam sesi diskusi dibahas berbagai hal teknis tidak hanya terkait dengan pencatatan dan pelaporan akan tetapi juga mengenai pengelolaan keuangan. Baik tim Pengabdian dari Universitas Andalas dan seluruh pengurus serta anggota sanggar Rangkiang mengakhiri pelatihan dengan gembira dan penuh harapan bahwa sanggar Rangkiang akan melaksanaan pencatatan dan pelaporan keuangan yang baik secara konsisten ke depannya. (pt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini