Info Terbaru

Pelatihan Rajut Pemula: Sanggar Rangkiang dan Tim Pengabdi LPPM Unand “Goes To” SMAN 1 Kubung Solok

Penulis: Verni Juita (Ketua Tim PKM-LPPM UNAND)

PadangTIME.com Sebagai kelompok usaha wanita, salah satu masalah utama yang dihadapi oleh Sanggar Rangkiang Salayo adalah masalah regenerasi. Hampir seluruh anggota aktif saat ini adalah ibu- ibu baik yang bekerja maupun yang sepenuhnya mengurus rumah tangga. Sementara tantangan usaha saat ini yang membutuhkan pengetahuan dan keterampilan digital seperti pengelolaan media sosial sanggar, pemasaran digital produk Rayo untuk capaian pasar yang lebih luas hingga penggunaan marketplace yang populer saat ini seperti Shopee sebagai salah satu media penjualan harus dikuasai oleh Sanggar Rangkiang. Dengan adanya berbagai kebutuhan tersebut Sanggar membutuhkan anggota sanggar yang mampu menguasai keterampilan dan pengetahuan yang disebutkan sebelumnya.

Selain terdapat kebutuhan, membuka rekrutmen juga membawa kesempatan regenerasi bagi generasi muda di sekitar Sanggar Rangkiang sendiri yang berpotensi membawa beberapa manfaat yang berarti untuk peningkatan kinerja sanggar seperti bertambahnya sumber daya manusia yang bisa meningkatkan jumlah produksi, membuka peluang ide-ide produk baru yang menyasar target konsumen muda, serta membawa semangat baru bagi para anggota lama. Dengan berbagai pertimbangan diatas, Sanggar Rangkiang didampingi Tim LPPM unand berinisiatif mengadakan pelatihan rajut bagi pemula untuk siswa SMAN 1 Kubung yang berlokasi dekat dengan Sanggar Rangkiang. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2023 secara gratis untuk menumbuhkan minat bagi siswa SMAN 1 Kubung Selayo untuk mencoba skill rajut dasar. Bagi para siswa yang menyukai dan ingin meneruskan berlatih dan belajar skill rajut, selanjutnya dipersilahkan untuk menghubungi pengurus sanggar Rangkiang dan mendaftar menjadi anggota.

Pada hari kegiatan, terdapat 14 siswa yang berpartisipasi. Acara dibuka oleh ibu Nova Patrina S.Pd (Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan) dan didampingi oleh ibu Tita Herlita S.Pd (Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan) dengan sambutan yang menyemangati para siswa agar serius mengikuti pelatihan dan mendapatkan skill baru yang akan bermanfaat dalam mengisi waktu luang sekaligus berpotensi untuk mendapatkan penghasilan jika berhasil menyelesaikan produk. Setelahnya Ketua Tim pengabdi dari LPPM universitas Andalas Ibu Verni Juita SE., M.Com (Adv) AK dan ketua Sanggar Rangkiang Salayo ibu Ildaweti bergantian memberi kata sambutan dan harapan agar adik-adik siswa bisa mengikuti pelatihan dengan gembira,  menyerap ilmu rajut dengan baik sekaligus diajak untuk bergabung dengan sanggar rangkiang sebagai anggota muda.

Selama pelatihan setiap dua peserta pelatihan didampingi oleh satu anggota sanggar Rangkiang untuk membuat rajutan dengan teknik dasar. Setiap peserta mengikuti kegiatan dengan antusias den gembira. Hampir semuanya menikmati proses belajar dan membuat rajutan. Beberapa diantaranya juga memberikan testimoni mengenai betapa gembiranya mereka ikut pelatihan dan ingin melanjutkan proses belajar rajut sehingga nanti bisa menghasilkan produk. Setelah pelatihan, Tim LPPM Unand dan pengurus sanggar rangkiang diundang untuk berdiskusi dengan kepala sekolah SMAN 1 Kubung ibu Aurora Rustam S.Pd. Beliau secara khusus menyampaikan terima kasih dan menawarkan kerja sama yang berkesinambungan dengan sanggar rangkiang yang berkesinambungan. Beliau berharap siswa SMAN 1 Kubung yang memiliki minat dan bakat bisa terus belajar di sanggar rangkiang dan memupuk skill yang akan bermanfaat bagi mereka di masa datang. Beliau meyakini bahwa bagi siswa yang terampil dan mungkin tidak berkesempatan untuk melanjutkan pendidikan, keterampilan rajut ini dapat membuka peluang bagi siswa untuk berwira usaha dan membuka usaha kecil dan menengah di industri kreatif nantinya.

Niat baik ibu kepala sekolah disambut baik oleh Tim LPPM unand dan Pengurus Sanggar Rangkiang. Semua berharap kerja sama ini dapat terus berlanjut dan para siswa semakin banyak yang tertarik untuk belajar seni rajut serta mendaftarkan diri mereka menjadi anggota muda di Sanggar Rangkiang.

-

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer