Pelatihan Pemasaran Dan Pengembangan Produk Hilirisasi di Pasaman

0
237

PadangTIME.com – Padang – Melanjutkan suksesnya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) skim Program Kemitraan wilayah bekerjasama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pasaman yang dimulai pada tahun 2021, Prof. Dr. Yasri, M.S bersama Tim PkM melanjutkan pendampingan pada mitra UMKM produsen makakanan hasil olahan ikan air tawar. Kegiatan yang telah diprogramkan di tahun 2022 ini adalah pelatihan pemasaran dan pengembangan produk hasil olahan ikan air tawar.

Prof. Dr. Yasri M.S., bersama Tim PkM, diantaranya Prof. Dr. Ir. Anni Faridah, M.Si, Muthia Roza Linda, S.E., M.M., dan Astra Prima Budiarti, S.E., BBA (Hons)., M.M., bekerja sama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pasaman merancang program pelatihan pemasaran dan pengembangan produk hilirisasi di Kabupaten Pasaman. Pada kegiatan tahun ini, terdapat dua mitra UMKM yang didampingi pengembangan usahanya. Dua UMKM tersebut adalah Mina Anugrah Razak dan Mina Semangat Baru.

Metri Wilda Nasution, S.E., M.M., Kabid Penelitian dan Pengembangan Bappeda Pasaman menjelaskan bahwa program kemitraan tahun 2022 ini fokus pada pendampingan promosi produk Mitra UMKM. Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan mulai dari pelatihan promosi online dan offline, pelatihan pelayanan, dan pelatihan mengemas produk. Menurutnya, semangat pelaku UMKM yang dilibatkan pada tahun ini lebih tinggi dari tahun sebelumnya. Hal ini karena, mitra UMKM yang dilibatkan adalah UMKM yang telah diseleksi kelayakannya oleh Tim PkM.

Prof. Dr. Yasri M.S., selaku ketua kegiatan PkM menunjuk pelatih yang sudah ahli dibidangnya. Sehingga, sasaran yang ditetapkan dapat dicapai secara efektif. Dibuktikan dengan hasil umpan balik dari para peserta yang menunjukkan kepuasan mereka terhadap rangkaian kegiatan yang telah mereka ikuti selama tahun 2022. Hal ini berdampak pada kemajuan usaha yang mereka jalankan.

Sebagai akhir dari rangkaian kegiatan, seperti tahun sebelumnya Prof. Dr. Yasri, M.S., beserta Tim PkM memberikan seperangkat alat yang dapat membantu masing-masing UMKM menjalankan usahanya. (Ys/Humas UNP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini