Pelatihan Beternak Kambing Kacang Untuk Usaha Berkembang Kelompok Ternak Kubu Sepakat di Kubu Dalam.

0
2790
ads

Oleh :  Dr. Evitayani, Prof. Lili Warly, Prof .Sumaryati Syukur dan Dr. Rahmi Nopita, M.Si.,A.pt

PadangTIME.com – Usaha tumbuh kembang usaha peternakan kambing kacang dalam program pengabdian kepada masyarakat pada pertemuan ke tiga tanggal 8 November 2021 dari enam kali pertemuan sudah dilaksanakan. Sebagaimana diketahui bahwa Kelompok ternak “ Kubu Sepakat” yang berada di kelurahan Kubu Dalam Parak Karakah sangatlah luas. Luas areal lebih kurang 55 Ha. Kelompok ini berdiri sejak tahun 1998 dengan beranggotakan 35 orang dan sudah memiliki lebih kurang 12 ekor kambing kacang dan 10 ekor Sapi Simental.

Pada pertemuan ketiga ini memberikan materi terkait sistem perkandangan, bibit ternak kambing kacang yang baik dan manajemen pemeliharaan Terkait dengan manajemen pembibitan, manajemen pemeliharaan dan produksi. Terkait materi bibit ternak yang baik dipaparkan tentang asal usul ternak, daya adaptasi, tipe ternak dan ciri-ciri bibit ternak kambing kacang. Kambing kacang merupakan salah satu jenis hewan ternak yang menjadi favorit untuk dibudidayakan.

Jenis kambing ini sangat diminati karena tingkat kesulitan dalam perawatan tergolong rendah. Berikut ini beberapa cara ternak kambing kacang yang dapat diterapkan untuk memperoleh hasil yang maksimal.1. Persiapan lahan untuk peternakan. Dalam budidaya kambing kacang peternak tidak membutuhkan lahan dengan ukuran yang besar. Kambing ini memiliki ukuran yang lebih kecil dari kambing jenis lainnya sehingga tidak terlalu banyak memakan tempat. Ukuran 3 X 1,5 meter cukup untuk 10 ekor kambing, 2. Pemilihan bibit indukan yang unggul, Pemilihan indukan merupakan salah satu faktor untuk memperoleh anakkan yang berkualitas. Pada tahap ini yang harus diperhatikan yaitu kesehatan, kesempurnaan fisik dan tidak ada cacat sedikit pun pada indukan, 3. Pemberian pakan tambahan. Faktor terpenting cara ternak kambing kacang ialah pemberian pakan yang bernutrisi.

Pakan utama kambing merupakan daun-daun hijau, namun untuk mempercepat pertumbuhan kambing kacang peternak juga harus memberikan makanan tambahan. Pakan tambahan diberikan untuk menghasilkan kambing yang diinginkan tumbuh sehat dan pesat.,

4.Menjaga kebersihan dan kesehatan. Salah satu cara ternak kambing kacang yaitu menjaga kebersihan kandang dan kesehatan kambing. Peternak harus jeli dalam pengawasan pemeliharaan kambing kacang. Tak lupa kambing juga harus diberikan vaksin untuk mencegah berbagai penyakit. Peternak harus segera memindahkan kambing yang terlihat tidak sehat atau sakit.

5. Pengendalian penyakit, Dalam peternakan pengendalian penyakit harus dipahami oleh peternak. Alangkah baiknya mencegah datangnya penyakit lebih baik dari pada mengobati hewan ternak yang sudah terlanjur terjangkit.

6. Pengelolaan perkembangbiakan, Diperlukan pengetahuan tentang cara ternak kambing kacang agar peternak dapat memperoleh keuntungan dari budidaya kambing kacang yaitu dengan memperhatikan usia kambing untuk proses kawin. Selain itu perkembangbiakan kambing kacang juga relatif singkat yaitu 6-7 bulan jika perawatan yang diberikan baik dan dapat menghasilkan 2 kali keturunan. Dan

7.Pasca Panen. proses reproduksi yang cepat merupakan keunggulan dan menjadi kelebihan dari beternak kambing kacang. Untuk dipahami, penjualan kambing kacang juga memerlukan waktu yang tepat. Penjualan yang tak diperhitungkan dapat menyebabkan kerugian bagi peternak.
Anggota Tim Pengabdian yang terdiri dari Dr. Evitayani, Prof. Lili Warly, Prof. Sumaryati Syukur, Dr. Rahmi Nopita, M.Si,A.pt sudah melakukan pengabdian ini dengan dana DIPA LPPM Unand Anggaran 2020 dengan No. Kontrak : .T/17/UN.16.17/PM.PKM-MUB/2021 dengan Program Pengabdian Kepada Masyarakat Skim Program Kemitraan Masyarakat Membantu Usaha Berkembang Dengan Program Berkelanjutan Membantu Mitra Kelompok Ternak Kambing Kacang di Kubu Dalam, Padang. Dalam kesempatan ini diberikan 4 ekor kambing kacang, 2 ekor betina yang bunting dan 2 ekor jantan berumur 1.5 tahun. Gambar1.Kambing Kacang dan kandangnya Hasil evaluasi didapatkan bahwa hampir 50% peternak sudah paham dan mengerti bagaimana memelihara ternak kambing kacang yang baik .(PT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini