Meningkatkan Permintaan Pasar Melalui Strategi Merek dan Kemasan yang Atraktif 

0
5805
Gula Semut oleh Kube Onau Manih di Nagari SikabukabuTanjungHaro Padang Panjang (Sitapa) , Kec. Luak ,Kab Limapuluh Kota
ad

Oleh : Dr. Verinita,SE.M.Si (Dosen Fakultas Ekonomi Univ.Andalas)

bebi

PadangTIME.com –Strategi merek merupakan cara yang tepat untuk membangun komunikasi pemasaran kepada target pasar yang akan kita tuju. Merek yang kuatakan menciptakan persepsi yang kuat pula di benak konsumen. Kelompok usaha bersama (Kube)  Onau Manih  yang berada di Nagari Sikabukabu Tanjung Haro Padang Panjang (Sitapa)  adalah sekumpulan masyarakat penghasil gula aren yang secara bersama sama sepakat untuk membentuk kelompok bersama untuk meningkatkan nilai tambah gula aren menjadi gula semut. Dan kelompok usaha bersama (Kube) ini menamai usaha kube mereka dengan merek Onau Manih. Merek ini mencerminkan kearifan lokal dan anggota Kube Onau Manih berharap branding ini akan mampu menciptakan permintaan yang berkelanjutan. Sebuah merek akan memerlukan waktu untuk dikenal baik oleh konsumen.Oleh karena itu merek yang unik akan menjadi hal yang mudah di ingat oleh konsumen dan menjadi ciri khas bagi produk tersebut.

Sesuai dengan fungsi branding yaitu membedakan satu produk dengan produk lain yang sejenis, menentukan kualitas suatu produk, memberikan makna kepada produk tersebut dan diharapkan akan menjadi keunggulan kompetitif bagi produk tersebut.

Tim dosen Pengabdi dari LPPM Universitas Andalas dalam Program Kemitraan Masyarakat (PKM), membantu usaha berkembang melakukan kegiatan pengabdian berupa perancangan merek dan kemasan gula semut  yang diolah oleh kelompok usaha bersama (Kube)  Onau Manih yang diketuai oleh Nasrizal. Melalui diskusi yang intensive  Pengurus kube Onau Manih dengan Tim Pengabdian dari LPPM Universitas Andalas telah di rancang merek dari Kube Onau Manih dan sudah mulai dipasarkan melalui pengemasan dengan menggunakan kemasan plastik bentuk standing pouch yang transparan dan atraktif. Branding dan kemasan yang atraktif akan menarik minat calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsi  produk yang ditawarkan.

Merek dan kemasan yang atraktif dan higenis tentunya akan menaikkan harga jual gula semut dan memberikan peluang gula semut ini akan menjadi salah satu alternatif oleh oleh yang akan dibawa pulang oleh wisatawan saat berkunjung keKabupaten Limapuluh Kota khususnya dan provinsi Sumatera Barat pada umumnya. Gula semut menjadi produk unggulan karena menjadi pemanis alami yang sehat, aman untuk penderita diabetes dan kecendrungan kafe dan restoran saat ini menyuguhkan gula semut sebagai pemanis minuman seperti kopi dan jus  serta makanan ringan lainnya.

Di samping membantu mendampingi pemberian merek dan kemasan, pengabdian ini juga memberikan paparan mengenai fungsi dan manfaat merek serta kemasan yang aktraktif dan higenis . Paparan materi ini diberikan oleh Dr.Verinita,SE.M.Si sebagai Ketua Tim Pengabdi. Tim dosen PengabdiiniberanggotakanYossyafra,ST.M.EngP.hD, Dr.FujiAstutiFebria,MScdanDr. FeryAndrianus,SE.MSi.Kegiatan ini juga menyertakan tiga mahasiswa.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar berkat dukungan dari Walinagari Sitapa, Nofrizal,S.Pd ,  Wali Jorong Sikabukabu dan masyarakat. Kegiatan ini diselenggarakan secara berkelanjutan sebagai kegiatan pengabdian yang didanai oleh LPPM UniversitasAndalas (Penulis: Dr.Verinita,SE.M.Si)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini