AYO MEMBACA !!

Ketua BP4 Kota Pariaman Buka Bimbingan Pranikah Angkatan I Tahun 2023

Ketua Badan Penasehat, Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) Kota Pariaman Lucyanel Arlym membuka bimbingan pranikah angkatan pertama Tahun 2023 di Aula BP4 Desa Pauh Barat Kota Pariaman, Rabu (11/1).

Dalam sabutannya, Lucyanel Arlym mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang antusias hadir untuk mengikuti bimbingan pranikah.

“BP4 merupakan badan atau lembaga yang salah satu tugas dan fungsinya adalah mendamaikan keluarga yang bersengketa atau bermasalah, dan memberikan bimbingan kepada pasangan yang akan melangsungkan pernikahan. Dalam hal ini kita hanya memberikan wejangan bukan memasuki wilayah privat. Kita tidak mencampuri keyakinan mereka tapi yang kita bantu adalah mempersiapkan keluarga sebaik mungkin, “ ungkapnya.

Upaya pemerintah menciptakan generasi unggul di masa depan salah satunya melalui rencana peningkatan kualitas bimbingan pranikah. Secara teknis, bimbingan pranikah dilakukan terhadap calon pasangan suami istri tentang bagaimana membangun keluarga yang berkualitas. Tujuannya adalah mempertinggi mutu perkawinan untuk mewujudkan keluarga sakinah menurut ajaran islam mencapai masyarakat dan bangsa indonesia yang maju, mandiri, bahagia, sejahtera materil dan spiritual.
“Menciptakan keluarga sakinah, mawaddah dan warohmah bukanlah persoalan mudah tetapi jika dilakukan dengan kebersamaan dan saling menghormati, insyaallah bisa diwujudkan. Inilah yang kita berikan saat pelaksanaan bimbingan pranikah. Tidak hanya itu, di BP4 Kota Pariaman juga diberikan pengetahuan tentang stunting dan hidup sehat sehingga semua peserta betul – betul mendapatkan ilmu sebelum berumah tangga, “ tambahnya.
 BP4 Kota Pariaman dibentuk sejak Tahun 2015 yang ketua juga Lucyanel Arlym.
“Sejak awal dibentuk sampai sekarang, BP4 Kota Pariaman telah banyak melakukan perbaikan. Hal ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada warga yang membutuhkan bimbingan.
Untuk Tahun 2023 angkatan pertama ini, peserta bimbingan pranikah sebanyak 34 pasang  mereka dapat bimbingan pranikah secara grartis .
Jadi semua biaya yang dikeluarkan saat kegiatan bimbingan pranikah ditanggung oleh Pemko Pariaman sejak Tahun 2022. Tidak hanya bimbingan pranikah, BP4 juga melakukan pembinaan perkawinan dan mediasi perceraian, “ ungkapnya.
“Dengan dilaksanakan bimbingan ini,  keluarga sakinah, mawahdah, warahmah dan juga mengurangi angka perceraian di Kota Pariaman, “ tutupnya. (pt)